Sukses

5 Tips Tetap Produktif di Bulan Puasa

Memang, tidak mudah tetap bisa menjalankan beragam aktivitas penuh semangat selama bulan puasa. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tetap produktif.

Liputan6.com, Jakarta Puasa bukan berarti malas-malasan, Anda tetap bisa produktif menjalankan aktivitas di bulan suci ini.

Memang, tidak mudah tetap bisa menjalankan beragam aktivitas tanpa makan dan minum selama belasan jam. Bila tetang ingin produktif selama puasa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Berikut beberapa tips yang bisa dijalankan agar tetap lancar menjalankan puasa tanpa mengubah aktivitas Anda. Mengutip laman Metro, Jumat (25/5/2018) tips selengkapnya.

1. Bikin rencana harian

Beberapa orang senang membuat rencana harian karena membuat mereka menjalani hari tersebut dengan mudah. Dengan menuliskan perencanaan, meminimalisasi lupa mengerjakan sesuatu.

2. Kerjakan hal penting sesudah sahur

Sesudah sahur, tubuh penuh energi. Nah, manfaatkan waktu ini untuk mengerjakan hal-hal penting di hari tersebut. Seperti mengerjakan materi presentasi, tugas kuliah, atau belajar. Ketika hal penting sudah dilakukan, sore hari bakal lebih mudah dijalani.

 

 

 

Saksikann juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Punya target tertentu di bulan puasa

Di bulan suci Ramadan kali ini, Anda ingin melakukan apa? Sebagian ada yang ingin setiap hari membaca Al-Quran atau salat tarawih bersama keluarga. Ketika punya tujuan, membuat Anda semangat menjalaninya.

4. Istirahat

Bangun subuh untuk sahur lalu beraktivitas membuat rasa kantuk datang di siang hari. Manfaatkan waktu tersebut untuk beristirahat dari aktivitas harian. Jika ada waktu, bisa dengan tidur 15 menit.

Tidur siang 15-20 menit terbukti membantu meningkatkan kerja otak. Waktu tidur ini baik untuk meningkatkan kewaspadaan dan keterampilan motorik. Selain itu, energi juga ikut terdongkrak usai tidur sebentar seperti disampaikan dokter mendalami tidur yang juga penulis Take a Nap! Change Your Life, Sara Mednick melansir Web MD.

5. Asupan bergizi saat sahur dan buka puasa

Asupan makanan saat sahur dan buka puasa memiliki efek besar pada tubuh. Jika saat sahur makan nasi dan gorengan, jelas saja lesu saat siang hari. Saat sahur konsumsi makanan dengan gizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak sehat, serta buah dan sayur. Makanan tersebut membuat seseorang lebih berenergi seharian. Jangan lupa minum 2-3 gelas air.

Sementara, saat buka puasa jangan kalap ya. Awali dengan minum air putih, lanjutkan dengan kurma atau buah-buahan manis. Lalu, makan seperti biasa. Jika masih lapar, bisa makan usai salat tarawih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.