Mengintip Masjid Bercorak Tionghoa di Bandung

Oleh Maria Flora pada 24 Mei 2018, 15:40 WIB

Liputan6.com, Bandung - Sekilas tidak ada yang menyangka, bangunan ruko di Jalan Tamblong, Bandung ini adalah sebuah masjid. Tak seperti masjid umumnya, masjid ini bercorak budaya Tionghoa dengan dominasi warna merah, hiasan lampu lampion, dan ornamen khas negara Tiongkok.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (24/05/2018), Masjid Lautze 2 yang merupakan nama masjid ini, memang tak bisa dilepaskan dari pengaruh Tionghoa. Dibangun 20 tahun silam oleh mualaf Tionghoa, masjid Lautze 2 menjadi masjid beraksitektur Cina tertua di Kota Kembang.

Sayangnya, dengan ukuran hanya 7 kali 6 meter persegi masjid Lautze hanya mampu menampung 200 jamaah. Padahal banyak warga Bandung atau luar kota sengaja datang ke Masjid Lautze di Bulan Ramadan.

Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Lautze sering digunakan untuk tempat untuk bersyahadat para mualaf, sekaligus menjadi tempat belajar agama, khususnya bagi warga Tionghoa, karena tersedianya tafsiran Alquran berbahasa mandarin.

Keberadaan masjid beraksitektur Cina ini, diharapkan mampu merawat keberagaman di Kota Kembang, sekaligus menjaga persatuan.