Sukses

Awas Ngantuk, Efek Salah Pilih Makan Sahur

Saat makan sahur, pastikan memilih makanan bergizi dan bikin bugar.

Liputan6.com, Jakarta Makan sahur sangatlah penting dan tidak boleh dilewatkan, begitu juga dengan memilih menu makanan yang tepat. Agar tubuh bisa tetap bugar dan tidak lemas saat berpuasa seharian, menu makan sahur harus sarat gizi dan nutrisi. 

Selama sahur di Bulan Ramadan, hindari juga makanan tinggi gula, gorengan, dan kafein berlebihan.

Merasa belum sanggup menjauhi semua makanan itu, setidaknya agak dikurangi takarannya. Pilih porsi yang sangat kecil guna memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang sehat.

Rashi Chowdhary, Ahli Nutrisi dari Amerika, mengatakan, terlalu mengandalkan makanan maupun minuman tinggi gula saat sahur dan berbuka hanya membuat tubuh lemas. Rasa kantuk lebih mudah menyerang.

"Terlalu mengandalkan makanan dan minuman manis saat sahur menyebabkan kada gula dalam darah turun sangat cepat. Yang membuat rasa lapar muncul lebih cepat. Bawaan ingin menyantap yang manis-manis saat puasa sulit dibendung," kata Rashi dikutip dari situs The National AE, Kamis (23/5/2018).

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buah-buahan Rendah Gula

Untuk menghindari konsumsi minuman manis berlebihan saat buka puasa, Rashi menyarankan agar beralih ke kurma dan buah-buahan seperti apel, pir, dan jenis yang lain asal rendah gula.

Kemudian, usahakan memasukkan lemak baik ke dalam menu sahur selama puasa Ramadan. "Memasukkan satu sampai dua jenis lemak baik saat sahur akan sangat membantu tubuh mencapai tingkat kadar gula yang stabil," katanya.

Dan jangan lupakan pula sumber protein seperti ayam, ikan, udang, daging sapi.

Minum kafein ada baiknya agak dikurangi. Ganti dengan memperbanyak minum air putih guna mencegah dehidrasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.