Sukses

Mobil Bergetar Saat Mengerem, Cek Bagian Ini

Salah satu problem yang mungkin terjadi adalah mobil terasa bergetar saat direm. Efek pertama yang muncul mungkin adalah rasa waswas karena rasanya sangat mengganggu.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu hal yang mengkhawatirkan saat berkendara adalah adanya gejala-gejala tidak diinginkan yang menunjukkan adanya masalah pada mobil.

Salah satu problem yang mungkin terjadi adalah mobil terasa bergetar saat direm. Efek pertama yang muncul mungkin adalah rasa waswas karena rasanya sangat mengganggu.

Problemnya bisa jadi ada di perangkat rem pada mobil. Hal ini bisa terjadi pada kecepatan tertentu seperti dijelaskan Kepala Bengkel Tunas Toyota Bintaro Wilhelmus Kado.

"Biasanya bergetar pada saat direm, kecepatan 60 km/jam. Ini bisa terjadi pada mobil apa saja," ujarnya.

Getaran itu sendiri terjadi karena cakram rem yang sudah tidak rata. Penanganannya pun secara umum adalah dengan membawanya ke tukang bubut.

Di sana, ada sejumlah tahapan, yakni melepas roda, melepas perangkat rem, kemudian melepas cakram yang untuk selanjutnya akan diratakan menggunakan alat khusus.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Namun di bengkel Tunas Toyota Bintaro, Wilhelmus Kado mengatakan bahwa proses pengerjaan itu juga sudah tersedia dalam proses yang lebih simpel.

"Kami ada rematching, kalau orang dulu mungkin bawa bubut. Di sini tanpa bongkar alatnya, langsung digantung. Jadinya alat yang datang ke cakram," kata dia.

Dalam prosedurnya, layanan ini pun akan ditanyakan dulu kepada konsumen, terutama apakah mereka mengalami problem getar saat pengereman seperti dibahas di atas.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.