Sukses

Menjelang Musim Mudik 2018, Perhatikan 3 Hal Ini

Jangan sampai mudik Anda terganggu dengan hambatan-hambatan yang tidak diinginkan selama perjalanan.

Liputan6.com, Jakarta - Berminat mudik dengan menggunakan mobil pribadi?  Jangan lupa mengecek kendaraan Anda sebelum dipakai perjalanan ke kampung halaman.

Jangan sampai mudik Anda terganggu dengan hambatan-hambatan yang tidak diinginkan selama perjalanan.

Seperti yang disampaikan melalui keterangan resmi Auto2000 yang diterima Liputan6.com, Selasa (22/5/2018), ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar perjalanan mudik Anda lancar dengan menggunakan kendaraan Anda.

Sebelum melakukan perjalanan mudik, baiknya Anda melakukan servis mobil terlebih dulu. Ini menjadi syarat utama kelancaran perjalanan. Lalu apa saja yang harus diperhatikan?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Tips Sebelum Menempuh Perjalanan

Lakukan tune up mobil guna memastikan mesin mobil selalu dalam kondisi prima. Jangan lupa memeriksa oli mesin dan transmisi, air radiator, freon AC, washer kaca depan, minyak rem, dan minyak power steering. Periksa juga kondisi ban, termasuk ban serep. Pastikan pula seluruh perangkat darurat, seperti dongkrak, ada pada tempatnya dan bisa dipakai dengan baik.

Perawatan mobil matic juga dibutuhkan untuk Anda pengguna mobil dengan transmisi otomatis, baik konvensional maupun yang sudah menggunakan transmisi CVT. 

3 dari 4 halaman

2. Dalam Perjalanan

Berkendaralah dengan memegang prinsip safety driving. Jangan berperilaku agresif karena akan merugikan banyak pihak ketika terjadi kecelakaan. 

Pergunakanlah alternatif jalan yang belakangan ini baru diresmikan pemerintah. Aplikasi peta navigasi digital dapat dipakai untuk mencari rute perjalanan yang paling pas. Jika Anda menggunakan jalan tol, pastikan bawa kartu uang elektronik dengan saldo memadai. Bawa dua kartu uang elektronik sebagai antisipasi saat salah satu kartu bermasalah, hilang, atau saldonya habis.

Selain itu, pastikan tangki BBM selalu dalam kondisi full, apalagi kalau Anda memilih rute tol yang panjang. Simpan pula nomor telepon darurat untuk membantu Anda saat terkena musibah di jalan.

Bagi pengguna Toyota, Anda bisa mencari posko mudik Toyota Auto2000 yang tersedia sepanjang jalur mudik. 

 

4 dari 4 halaman

3. Setelah Perjalanan

Selesai perjalanan mudik dan liburan bukan berarti Anda bisa meninggalkan mobil kesayangan di garasi rumah begitu saja. Kotoran menjadi musuh utama yang harus segera dibersihkan. Mulai dari bagian luar, bersihkan seluruh area mobil tanpa terkecuali. Termasuk bagian kolong yang kerap terlupakan.

Cobalah periksa perangkat teknis mobil. Seperti kaki-kaki, roda, lampu, dan area ruang mesin. Cek juga jika terdapat bodi mobil yang penyok, perbaiki dan rapikan jika ada masalah. 

Untuk bagian dalam mobil, bersihkan seluruh area kabin mobil secara mendetail. Apalagi jika Anda membawa anak kecil dan sering makan di dalam mobil. Remahan makanan yang tersisa bisa mengundang serangga seperti semut, bahkan tikus. Belum lagi bau tidak sedap yang ditimbulkan.

Tak hanya itu, odometer mobil juga perlu Anda lihat. Bisa saja mobil Anda sudah memasuki masa penggantian oli mesin ataupun transmisi setelah melakukan perjalanan panjang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.