Sukses

3 Aplikasi Zakat yang Menarik untuk Dicoba

Tiga aplikasi zakat ini dapat memudahkan pengguna, sekaligus menambah ilmu mengenai zakat.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika membayar zakat, umumnya orang-orang langsung ke masjid untuk membayarkan sejumlah uang.

Sekarang, berkat adanya teknologi dan smartphone banyak kegiatan manusia yang bisa dilakukan secara online, termasuk dalam zakat.

Jadi, orang-orang yang sedang sibuk pun bisa dengan mudah menunaikan kewajiban untuk membayar zakat.

Di samping memberikan cara membayar zakat dengan praktis, pengetahuan seputar zakat juga turut dihadirkan oleh aplikasi-aplikasi zakat yang notabene tersedia secara gratis di Google Play Store.

Berikut, Tekno Liputan6.com hadirkan tiga aplikasi yang membantu memudahkan kamu melakukan pembayaran zakat

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Zakat Mobile by Rumah Zakat

Rumah Zakat sudah terkenal sebagai organisasi pembayaran zakat dengan pelayanan yang terbilang komprehensif. Ternyata, Rumah Zakat juga bisa diakses lewat smartphone.

Aplikasi ini memungkinkan kamu membayar zakat melalui banyak pilihan rekening, seperti BRI, Bank DKI, CIMB Niaga Syariah, BNI, BCA, Mandiri, Permata Bank, dan bahkan PayPal. 

Tentunya, Rumah Zakat bisa memudahkan Muslim dari Indonesia yang berada di berbagai negara untuk menunaikan kewajibannya.

Tidak hanya menyediakan rekening bayar zakat, pengguna juga mendapatkan fitur berupa artikel-artikel Islami yang relevan dan kalkulator zakat, mulai dari zakat penghasilan, perdagangan, emas, dan tabungan.

Cek aplikasinya di sini.

3 dari 4 halaman

2. Zakatpedia

Pilihan lain untuk bayar zakat lewat smartphone adalah lewat Zakatpedia. Aplikasi ini memiliki banyak fitur keren, mulai dari tampilan visual yang menarik tetapi tidak berat, serta banyaknya pilihan layanan zakat yang ada.

Apa saja layanan zakat yang hadir di Zakatpedia? Di antaranya ada zakat peternakan, zakat emas, zakat perak, zakat sewa aset, zakat perniagaan, sampai zakat hadiah. 

Pengguna pun tidak hanya mendapat layanan membayar zakat, tetapi akan ada penjelasan dan kalkulator untuk zakat-zakat tersebut.

Keunikan dari Zakatpedia adalah aplikasi zakat yang juga menyediakan fitur donasi ke kalangan yang kurang mampu.

Tertarik mencoba aplikasi ini? Cek aplikasinya di sini.

4 dari 4 halaman

3. Hitung Zakat Muslim

Masih lebih suka bayar zakat langsung, tapi ingin melakukan hitungan secara mandiri?

Agar bisa menghitung secara pasti, kamu bisa coba aplikasi Hitung Zakat Mandiri. Aplikasi ini dapat menghitung zakat fitrah, penghasilan, dan harta (maal).

Aplikasi tersebut sangat ringan dan tidak mewajibkan untuk daftar terlebih dulu. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan fitur penghubung ke situs Dompet Dhuafa dan Rumah Zakat bila pengguna ingin melakukan donasi lewat salah satunya.

Cek aplikasinya di sini

Demikian aplikasi menarik seputar zakat. Kehadiran aplikasi-aplikasi tersebut tidak sebatas memudahkan umat Islam untuk menunaikan salah satu rukun Islam, tetapi juga memberikan ilmu-ilmu beragam seputar agama.

(Tom/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.