Sukses

Atasi Emosi di Kantor Saat Ramadan, Kamu Pasti Bisa

Tetap lakukan hal yang menurut kamu baik. Jangan sampai emosi membuat kinerja kamu menurun, apalagi saat puasa Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta Tahukah kamu bahwa kestabilan emosi dipengaruhi oleh kebugaran fisik. Pada dasarnya, stres karena pekerjaan dimulai dari kelelahan secara mental maupun fisik. Akibatnya, kamu mudah marah hanya karena hal sepele. Saat menjalankan puasa, tubuh menjadi lemah dan kurang berstamina hal ini dapat menyebabkan emosi pun sulit untuk dikendalikan.

Berikut adalah cara mengendalikan emosi di kantor terutama saat puasa. Yuk, simak tips dari Vemale berikut.

1. Jangan Frustrasi

Punya tugas yang menumpuk tapi tidak satu pun yang berhasil diselesaikan dengan baik? Di lain sisi, atasan malah main perintah seenaknya. Hmm, kamu tentu pernah atau mungkin sering mengalami hal demikian. Tidak perlu frustrasi, atasan selalu menekan kamu untuk segera menyelesaikan tugas demi mengantisipasi hal yang bisa muncul di luar rencana. Jadikan hal ini motivasi untuk melakukan hal yang terbaik.

2. Tidak Perlu Khawatir

Sudah satu tahun lebih bekerja, tapi belum ada kejelasan kontrak kerja atau status kepegawainmu? Tetep atau lanjut. Hindari rasa khawatir yang berlebih. Jangan sampai khawatir menghalangi kreativitas kamu. Lakukan hal terbaik demi masa depan karier kamu. 

3. Hindari Marah

Ini adalah tingkat emosi yang berbahaya, tidak hanya bagi kamu sendiri tapi juga karier kamu. Kendalikan emosi dan tidak perlu mengutamakan emosi kamu. Alihkan pikiran kamu ke hal-hal yang menyenangkan agar emosi kamu lebih reda. 

4. Ih, Nggak Suka

Di kantor kamu tidak bekerja sendirian. Kamu memiliki partner dan atasan yang bekerja sama denganmu. Bertemu dan bersinggungan dengan hal yang tidak menyenangkan bisa saja terjadi. Sebenci apa pun kamu harus bersikap profesional. Bedakan antara masalah pribadi dan masalah pekerjaan. 

5. Jangan Kecewa

Sudah bekerja sepenuh hati untuk mengerjakan satu proyek ternyata hasilnya tidak sesuai dengan kenyataan. Jangan cepat kecewa, bisa jadi selama ini kamu bekerja kurang keras dan hanya setengah hati. Maka saatnya memperbaiki kinerja kamu.  

Lakukan hal yang menurut kamu baik, jangan sampai emosi membuat kinerja kamu menurun. Selalu bersikap profesional juga dapat menghindari emosi saat di kantor. Selamat mencoba.

Sumber: Vemale

Reporter: Ayu Puji Lestari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini