Sukses

Hitung Kemampuan Mobil Membawa Barang Sebelum Mudik

Mobil menjadi kendaraan yang tepat untuk mudik bersama keluarga. Kelebihannya adalah kemampuan membawa penumpang dan barang yang lebih banyak.

Liputan6.com, Jakarta Mobil menjadi kendaraan yang tepat untuk mudik bersama keluarga. Kelebihannya adalah kemampuan membawa penumpang dan barang yang lebih banyak.

Meski begitu menurut Robby Prakoso selaku penggiat safety driving, dalam membawa barang dalam mobil perlu memperhatikan 3 hal berikut. Yang pertama adalah power to weight ratio kendaraan, load index ban, dan roof rack sebagai komponen opsional.

Power to weight ratio sendiri merupakan perbandingan antara beban dengan tenaga yang mampu diakomodasi oleh mobil. Perhitungannya sendiri menurut Robby untuk mobil penumpang adalah 50-100 w/kg. Di mana setiap 1 hp sama dengan 745,6 w.

Sedangkan untuk load index ban merupakan kemampuan roda dalam menahan beban. Untuk mengetahuinya dapat dilihat melalui informasi yang tertulis di samping ban. Hal ini penting karena apabila muatan yang dibawa berlebihan selama mudik akan berisiko merusak ban.

"Tertulis kemampuan untuk beban per ban. Jadi kalikan 4 ban untuk total beban kendaraan," jelas Robby kepada Otosia, Jumat (18/5/2018).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Terakhir adalah roof rack, untuk komponen opsional ini perlu diperhatikan kemampuan bebannya. Selain itu, beban yang diletakkan di atas roof rack harus diakumulasi bersama beban lain yang berada di dalam mobil sebagai pertimbangan terhadap power to weight ratio dan load index ban. 

Reporter : Muhammad Hafid Asisi

Sumber : Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.