Manfaat Sahur Sebelum Puasa Ramadan, Jangan Anggap Remeh

Oleh Unoviana Kartika Setia pada 22 Mei 2018, 03:15 WIB
Diperbarui 22 Mei 2018, 03:15 WIB
Menu Sarapan Pagi Tepat untuk Anda yang Sedang Diet
Perbesar
Coba beberapa menu sarapan pagi berikut untuk Anda yang sedang menjalani diet. (Foto: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Sahur diketahui perlu dilakukan sebelum puasa Ramadan. Namun, sebagian orang terkadang malas melakukannya, apalagi di akhir-akhir bulan Ramadan. Selain dapat menjadi asupan energi untuk beraktifitas seharian, ternyata sahur di bulan ramadan memiliki banyak manfaat lain yang tidak bisa dianggap remeh.

Jangan mau kalah dengan rasa kantuk yang ada, sempatkan waktu sebentar untuk melakukan sahur dan mendapatkan beberapa manfaat yang telah dirangkum dari Cashbac berikut ini.

1. Sumber Energi untuk Menambah Kekuatan

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa asupan yang baik saat sahur dapat menjadi cadangan tenaga ataupun energi yang bisa digunakan untuk beraktifitas seharian. Pilihlah makanan yang mengandung gizi baik, jangan lupa tambahan sayur dan buah agar sistem pencernaan tetap baik meskipun lebih dari 12 jam ke depan tidak ada asupan makanan ataupun minuman yang masuk.

2. Sistem Kekebalan Tubuh Akan Menjadi Lebih Baik

Ahli kesehatan mengatakan bahwa dengan sahur sistem kekebalan tubuh akan menjadi lebih baik, sehingga berbagai penyakit yang timbul akibat bakteri ataupun virus akan lebih sulit untuk menyerang Anda.

Tambahan multivitamin ataupun susu saat sahur bisa menjadi pendamping yang tepat untuk menambah kekebalan tubuh Anda.

 

3. Mencegah Potensi Penyakit Berbahaya

Ilustrasi Sahur, Buka Puasa, Puasa, Ramadan (iStockphoto)
Perbesar
Salah Memilih Menu Sahur Selama Puasa Ramadan Berbahaya untuk Tubuh (Ilustrasi/iStockphoto)

Sahur sendiri diketahui dapat mengurangi potensi berbagai penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes dan stroke yang diakibatkan oleh sindrom metabolik. Apa itu sindrom metabolik? Sindrom metabolik adalah sebuah kondisi kesehatan yang memburuk dan terjadi pada waktu yang bersamaan, hal ini dapat diindakasikan melalui naiknya tekanan darah, kolesterol, gula darah, dan penumpukan lemak.

 

4. Membantu Program Diet

Ilustrasi Sahur, Buka Puasa, Puasa, Ramadan (iStockphoto)
Perbesar
Salah Memilih Menu Sahur Selama Puasa Ramadan Berbahaya untuk Tubuh (Ilustrasi/iStockphoto)

Apakah Anda sedang berada dalam program diet? Dengan sahur dan pemilihan makanan yang tepat, program diet Anda akan dapat dipenuhi dengan cepat. Tetapi jangan lupa perhatikan juga asupan yang dipilih saat sahur, salah-salah malah nanti program diet Anda menjadi berantakan. Imbangi juga dengan pola tidur yang baik untuk hasil yang lebih maksimal.

Lanjutkan Membaca ↓