Ini Sebab Mengapa Sudah Bersedekah tapi Tak Berpahala

Oleh Sulung Lahitani pada 21 Mei 2018, 14:40 WIB
Diperbarui 21 Mei 2018, 14:40 WIB
Liputan 6 default 2
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan6

Liputan6.com, Jakarta Sedekah menjadi salah satu amalan yang disukai oleh Allah SWT bila dilakukan oleh hamba-Nya. Meski demikian, tidak semua sedekah ternyata diterima oleh Allah SWT.

Lalu, bagaimana sedekah yang tak mendatangkan pahala dan tak diterima oleh Allah SWt?

Allah berfirman dalam Surat Al-Baqarah ayat 262, "Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, kemudian mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahinya itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya dan dengan tidak menyakiti (perasaan si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka."

Dengan kata lain, pahala sedekah dapat hilang bila orang yang bersedekah tersebut menyebut-nyebut pemberiannya. Apalagi kalau sampai ia menyakiti perasaan orang yang ia berikan sedekah tersebut. Begitupula kondisinya terhadap mereka yang pamer saat bersedekah.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Selanjutnya

Sedekah dalam Islam, Sebaiknya Seperti Apa?
Perbesar
bersedekah

Ini ditegaskan Allah SWT dalam Surat Baqarah ayat 264, "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian."

Dijelaskan pula bahwa ada hal yang lebih baik dilakukan ketimbang melakukan sedekah sambil pamer. Firman Allah dalam Surat Al-Baqarah Ayat 263, "Perkataan yang baik dan pemberian ma'af lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun."

Semoga kita tidak termasuk golongan orang-orang tersebut. Amin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya