Sukses

Bukan Hanya Kurma, Ini 5 Makanan Sunah Lain di Bulan Ramadan

Makanan pertama yang terlintas di pikiran kita saat Ramadan adalah kurma. Kurma memang mengandung gula alami yang dapat memberikan asupan energi baik untuk kita setelah berpuasa seharian.

Liputan6.com, Jakarta Makanan pertama yang terlintas di pikiran kita saat Ramadan adalah kurma. Kurma memang mengandung gula alami yang dapat memberikan asupan energi baik untuk kita setelah berpuasa seharian. Bahkan, kurma segar dipilih oleh Nabi Muhammad SAW sebagai makanan buka puasa.

Namun, bukan hanya kurma lo. Berikut ini lima makanan lain yang merupakan sunah, yang disarankan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa, yaitu:

Labu

97 persen labu kaya akan kandungan air yang menjaga tubuh agar selalu terhidrasi dengan baik. Labu, selain rasanya enak, juga mudah sekali diolah menjadi aneka makanan lezat. Bahkan, dikukus pun sudah sangat enak dan mengenyangkan.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung kolesterol rendah dan baik untuk pencernaan. Selain itu, kacang-kacangan mengandung 26 persen komposisi protein. Karena paduan serat dan karbohidrat kompleksnya, kacang-kacangan baik untuk dicerna perlahan-lahan oleh tubuh sehingga kamu tidak mudah merasa lapar selama puasa dan gula darah tetap stabil.

Melon

Ramadan rasanya nggak komplit tanpa buah-buahan segar seperti melon ya. Melon adalah sumber serat dan air yang sangat baik, jumlahnya hingga 90 persen dari total beratnya. Mengkonsumsi melon dapat mengurangi masalah perut yang tidak nyaman.

Nasi merah

Nasi merah lebih baik daripada nasi putih sebagai pilihan menu buka puasa, apalagi jika dikonsumsi bersama daging atau ikan-ikanan. Nasi merah akan menstimulasi pencernaan dan menyeimbangkan kadar gula darah.

Pisang

Pisang sangat mudah dicerna oleh pencernaan. Enzym pada pisang mampu meningkatkan proses pencernaan, meningkatkan energi dan memperbaiki kerja usus. Lagipula, siapa sih yang meragukan keandalan pisang untuk urusan melancarkan pencernaan?

Nah itu dia jenis-jenis makanan yang baik untuk pencernaanmu dan mampu memberikan asupan energi baik selama bulan puasa. Selamat menjalankan ibadah puasa ya.

Sumber: Vemale

Reporter: Winda Carmelita

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini