Sukses

Puasa Tak Mengurangi Kualitas dan Kuantitas ASI

Acungan jempol untuk kamu yang masih menyusui dan melaksanakan puasa di bulan Ramadan ini.

Liputan6.com, Jakarta Mom, kamu saat ini masih dalam status sebagai ibu menyusui? Kami acungkan jempol untuk kamu yang menyusui dan melaksanakan puasa di bulan Ramadan ini. Sebab menurut dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK, Dokter Spesialis Gizi Klinik, tidaklah berkurang kualitas dan kuantitas ASI ketika berpuasa.

"Puasa tidak mengurangi kualitas dan kuantitas ASI, tapi semua ini tergantung dari asupan nutrisi si ibu sendiri," ujar dr.Dian.

Mom menyusui yang ingin berpuasa adalah dia yang memiliki kesehatan yang prima dan asupan nutrisi yang baik. Namun, kamu yang masih menyusui ekslusif untuk anak usia 0 - 6 bulan sama sekali tidak direkomendasikan berpuasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puasa Tak Mengurangi Kualitas dan Kuantitas ASI

"Karena si kecil tidak memiliki asupan makanan lain selain dari ASI, maka ibu yang masih ASI ekslusif tidak disarankan berpuasa. Tapi kalau si kecil sudah MPASI silakan saja berpuasa karena dia sudah memiliki asupan selain ASI," tambah dr.Dian lagi.

Untuk menunjang kualitas ASI, kamu dianjurkan mengasup makanan sehat yang kaya serat, vitamin, dan protein. Hindari memakan panganan mengandung gula saat sahur karena akan membuat tubuh cepat menyerap kandungannya sehingga lekas merasa lapar lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini