Sukses

Lembaga Swadaya Turki Distribusikan Bantuan Ramadan ke 6 Kota di Pakistan

Sebuah yayasan dari Turki tengah mendistribusikan bantuan di seluruh Pakistan selama bulan suci Ramadan 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah yayasan yang terafiliasi dengan badan keagamaan tertinggi Turki tengah mendistribusikan bantuan di seluruh Pakistan selama bulan suci Ramadan 2018, kata seorang anggota lembaga pada Minggu, 20 Mei.

Abdullah Ucak, perwakilan dari Turkiye Diyanet Foundation (TDV) mengatakan bahwa 1.800 paket makanan untuk Ramadan, yang berisi beras, minyak, gula, dan pasta, telah didistribusikan ke Kota Karachi, Talagang, Peshawar, Behra, Wazirabad, dan Mirpur.

"Produk dalam paket itu cukup untuk satu keluarga selama Ramadan," kata Ucak seperti dikutip dari kantor berita terafiliasi pemerintah Turki, Anadolu Ajansi (20/5/2018).

Ucak menambahkan bahwa 2.200 orang di Pakistan sejauh ini juga telah menjadi penerima bantuan makanan berbuka puasa dari Turki sepanjang Ramadan 2018.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2 Ton Kurma Dari dan Untuk Masyarakat Padang

Ramadan kerap dijadikan momentum bagi manusia untuk saling berbagai kepada sesama. Tak hanya di Turki, masyarakat Indonesia pun berbondong-bondong memberikan bantuan kepada sesama pada bulan suci ini.

Telkomsel menyerahkan dua ton kurma untuk Masjid Raya Sumatera Barat (Sumbar) di Padang, sebagai menu berbuka puasa bagi para jamaah pada Ramadan tahun ini.

"Kami berbagi takjil Ramadhan dengan menyerahkan dua ton kurma ke Masjid Raya Sumbar, sehingga bisa dinikmati masyarakat saat berbuka puasa," kata Manager Branch Padang Telkomsel Mulyadi Indra, dihubungi dari Payakumbuh, Selasa, 15 Mei 2018, dilansir Antara.

Ia menambahkan untuk mekanisme pembagian kurma tersebut kepada para jemaah selama Ramadan diserahkan sepenuhnya kepada pengurus masjid. "Pengurus masjid yang mengetahui berapa yang akan disajikan kepada jemaah dalam sehari," katanya.

Bantuan itu diterima langsung oleh Sekretaris Provinsi Sumbar sekaligus Ketua Pengurus Masjid Raya, Ali Asmar. Ia menyebutkan masjid beratap gonjong khas Rumah Gadang itu dipilih karena dinilai sebagai pusat kegiatan ibadah Sumbar.

Sebelumnya, bantuan kurma merupakan bagian dari program Telkomsel, yang berbagi takjil sebesar 23 ton kurma. Kurma itu diberikan kepada 15 masjid yang ada di seluruh Indonesia.

Telkomsel memilih masjid sebagai tempat menyerahkan bantuan takjil, karena masjid adalah tempat yang ramai dikunjungi masyarakat untuk beribadah, termasuk berbuka puasa.

Program bantuan kurma itu merupakan agenda tahunan perusahaan layanan telekomunikasi itu sejak 2013, sebagai bentuk semangat berbagi dengan sesama, khususnya pada momen Ramadan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.