Sukses

Ngabuburit Bersama Komunitas Pecinta Reptil di Salatiga

Komunitas pecinta reptil di Salatiga adakan ngabuburit di Jalan Diponegoro dengan memamerkan hewan reptil peliharaannya pada warga.

Fokus, Salatiga - Sebuah komunitas pecinta reptil di Salatiga, Jawa Tengah, mengadakan kegiatan ngabuburit berupa pengenalan reptil, khususnya ular kepada masyarakat. Caranya sungguh menarik. Hewan peliharaan mereka ikut dipamerkan sehingga masyarakat bebas menyentuh, memegang, bahkan bercengkrama.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (20/5/2018), sejumlah warga yang melintas di Jalan  Diponegoro Salatiga, penasaran tapi juga takut. Namun, setelah diberikan penjelasan ada ular yang tidak berbahaya atau tidak berbisa, banyak warga yang berani memegang ular. Tak terkecuali anak-anak.

Kegiatan pengenalan hewan reptil di tempat umum dimaksudkan untuk mengajak warga mengenal dan menyayangi hewan melata. Sebab banyak warga yang menganggap ular merupakan hewan melata yang patut dibunuh.

"Reptil ini hewan yang patut kita pelihara. Memang tidak semua jenis bisa. Akan tetapi kita perlu mengedukasi masyarakat harus berbuat seperti apa saat menjumpai reptil di kebun atau sawah," ujar Widi Hemawan, anggota komunitas pecinta reptil Salatiga.

Diharapkan kegiatan semacam ini perlakuan manusia terhadap pemusnahan reptil secara besar-besaran untuk dijadikan komuditas industri bisa dicegah.