Sukses

5 Efek Positif Main Gim Saat Berpuasa, Apa Saja?

Brmain gim itu ternyata berpengaruh positif, bahkan bisa memberikan dampak yang berpengaruh juga saat ketika berpuasa.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak video gim pertama kali diperkenalkan hingga sekarang, anggapan yang tidak bisa dilepaskan dari video gim adalah bahwa video gim berdampak negatif.

Banyak anggapan bahwa bermain video gim hanyalah kegiatan yang membuang-buang waktu, kekanak-kanakan, tidak produktif, dan tidak sehat.

Terlepas dari anggapan negatif tersebut, sejalan dengan makin canggihnya teknologi, industri gim pun setiap tahunnya makin berkembang dan lebih baik. Bahkan sekarang bermain gim bisa dibilang memainkan peran penting dalam kehidupan kita sehari-hari.

Beberapa tahun belakang ini, misalnya, makin banyak penelitian intensif mengenai dampak bermain gim terhadap seseorang, baik secara rohani maupun jasmani.

Terungkap, bermain gim itu ternyata berpengaruh positif, bahkan bisa memberikan dampak yang berpengaruh juga saat ketika berpuasa. 

Berikut lima hal positif berikut ini yang Tekno Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Meningkatkan Daya Memori Otak

Sebuah penelitian dari University of California-Irvine menemukan bahwa bagian otak yang bernama hippocampus--daerah otak yang berhubungan dengan memori dan hal kompleks--bisa berubah dengan memainkan gim 3D.

Dari sejumlah orang yang ikut dalam penelitian tersebut, daya memori mereka meningkat sebesar 12 persen.

Walau masih belum jelas bagaimana dan kenapa gim tersebut dapat membantu meningkatkan daya memori, para peneliti cukup gembira tentang penemuan mereka sehingga hal ini dapat diterapkan juga pada orang-orang yang daya memori otak dan kesadarannya bermasalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Meningkatkan Koordinasi Tangan dan Mata

Salah satu keuntungan bermain gim adalah kemampuan koordinasi mata dan tangan yang luar biasa meningkat.

Bahkan beberapa judul gim saat ini digunakan untuk melatih kemampuan ahli bedah, yang membuat gerakan tangan lebih presisi.Hubungan antara video gim dan kemampuan motorik sudah diketahui banyak ahli sejak lama.

Gim-gim yang memiliki tempo permainan tinggi seperti gim first person shooter (FPS), berperan besar untuk meningkatkan kemampuan motorik dan membantu gamer untuk membuat keputusan dengan cepat.

3 dari 5 halaman

3. Baik untuk Daya Nalar

Seperti disebutkan di atas, gim dapat membantu meningkatkan daya memori.

Selain itu, bermain gim juga rupanya dapat membantu fungsi keseluruhan otak dan daya nalar.

Di dalam gim, kamu akan lebih memerhatikan hal-hal dengan lebih fokus dan terperinci. Kamu bisa berpikir lebih kritis dalam membuat keputusan.

Semua ini cukup penting, mengingat bermain gim dapat menjadi salah satu cara terapi bagi orang-orang yang menderita penyakit seperti Alzheimer dan dementia.

4 dari 5 halaman

4. Melepas Stres dan Depresi

Banyak bukti mengaitkan bagaimana bermain gim dapat menurunkan tingkat stres dan depresi.

Dengan bermain gim, otak akan 'sibuk' mengolah informasi di dalam gim dan melupakan segala masalah yang terjadi untuk sementara.

Ambil contoh paling mudah adalah bermain Angry Birds. Gim ini dapat menjadi penyaluran stres paling tepat bagi banyak orang.

Selain dapat melepas stres, gim juga bisa digunakan sebagai sarana untuk bersosialisasi bagi orang-orang yang memiliki kepribadiannya yang cenderung pemalu

5 dari 5 halaman

5. Mempertajam Intuisi

Saat ini, banyak gim menampilkan keputusan moral dalam memutuskan alur ceritanya.

Setiap keputusan tersebut nantinya akan memiliki konsekuensi masing-masing di dalam gim itu.Di gim strategi, misalnya, Anda perlu berpikir secara kritis dalam mengambil keputusan untuk menyerang lawan atau mengatur unit.

Bahkan di gim FPS pun Anda harus mampu berpikir kritis dan strategis, ketimbang hanya "membidik dan menembak".

Kemampuan yang terus diasah tersebut akan berperan besar dalam kehidupan di dunia nyata kelak.

(Jek/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.