Sukses

Destinasi Ramadan, Mengintip Kota Santri di Ponpes Gontor Ponorogo

Dan kini perkembangannya pesat. Pondok Pesantren Tegalsari telah menjadi Pondok Modern Darussalam Gontor yang sangat dikenal di nusantara.

Liputan6.com, Ponorogo - Perkembangan Islam di Kota Ponorogo, Jawa Timur terbilang sangat cepat. Di tengah masyarakat yang kental akan adat istiadatnya, dapat ditemui puluhan pondok pesantren tersebar di wilayah Ponorogo. Salah satunya Pondok Modern Darussalam Gontor.

Seperti ditayangkan Liputan6SCTV, Minggu (19/5/2018), sebelum berkembang pesat seperti sekarang, Pondok Modern Darussalam Gontor dulunya adalah Pondok Pesantren Tradisional yang terletak di Desa Jetis atau sekitar 10 kilometer di Selatan kota santri.

Di sini ada masjid bernama Masjid Tegal Sari, salah satu peninggalan asli pondok pesantren. Meski telah berumur ratusan tahun, tepatnya sejak abad ke-18, bangunan masjid yang hampir semua bangunannya terdiri dari kayu jati ini masih berdiri kokoh.

Dalam kepimimpinan Kyai Ageng Hasan Besari, Pondok Pesantren Tegal Sari berdiri pada abad ke-18 dan hanya memiliki 40 santri.

Dan kini perkembangannya begitu pesat. Pondok Pesantren Tegalsari telah menjadi Pondok Modern Darussalam Gontor yang sangat dikenal di nusantara. Berkunjung ke Pondok Modern Gontor memberi pengalaman tersendiri. Suasana kekeluargaannya begitu hangat.

Ponpes Gontor dihuni oleh 25 ribu santri dari berbagai daerah. Di tempat itu, mereka melakukan kegiatan bersama-sama seperti belajar hingga salat. 

Â