Sukses

5 Makanan Ini Tingkatkan Fokus Berkendara Saat Puasa

Mengemudi merupakan kegiatan yang membutuhkan tingkat konsentrasi ekstra. Pasalnya, kantuk dan rasa lapar serta haus kerap dirasakan orang yang berpuasa.

Liputan6.com, Jakarta - Mengemudi merupakan kegiatan yang membutuhkan tingkat konsentrasi ekstra. Pasalnya, kantuk dan rasa lapar serta haus kerap dirasakan orang yang berpuasa.

Dengan konsentrasi, tentu Anda akan lebih sigap dan waspada menghadapi segala hal yang terjadi di jalan. Hal ini pula mampu mengurangi risiko seperti kecelakaan lalu lintas.

Tentu saja ada konsekuensi tersendiri saat otak dipaksa untuk menjaga konsentrasi berlebih, salah satunya mata cepat lelah yang ujung-ujungnya ngantuk atau jadi gampang tersulut emosi.

Untuk itu, sebaiknya Anda mengkonsumsi beberapa makanan yang bisa menjaga tingkat konsentrasi.

Adapun seperti dilansir situs ban Goodyear, salah satu cara untuk menjaga konsentrasi tetap baik selama mengemudi ialah dengan istirahat yang cukup atau mengkonsumsi makanan yang tepat sebelum melakukan aktivitas.

Nah bicara soal makanan, ternyata ada asupan yang dapat meningkatkan konsentrasi dan menjaga konsentrasi otak agar tetap stabil.

Apa saja makanan tersebut dan kandungan apa yang membuat konsentrasi otak tetap terjaga, berikut adalah daftar makanan yang dapat Anda coba.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pisang

Pisang termasuk buah yang kaya nutrisi dan energi. Teksturnya yang lembut membuat banyak orang suka mengonsumsi buah ini.

Pisang mengandungan kalium, serat, mangan, dan vitamin B yang tinggi dapat membantu produksi serotonin, norepinephrine, dan dopamine di tubuh.

Manfaat pisang berguna untuk memperlama durasi konsentrasi otak seseorang.

 

3 dari 4 halaman

Kacang-Kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan terutama kacang almond dan kenari ternyata juga baik untuk meningkatkan konsentrasi otak terutama saat seseorang akan mengemudi.

Dalam sebuah kacang-kacangan, mengandungan omega 3, antioksidan, serta vitamin B6 dan E bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak.

Kandungan yang ada pada kacang-kacangan juga dapat menjadi stimulasi yang baik untuk otak agar tetap fokus konsentrasi.

 

4 dari 4 halaman

Telur

Makanan selanjutnya yang dapat meningkatkan konsentrasi otak ialah telur, terutama pada bagian kuningnya. Kuning telur memiliki kandungan choline dan lutein yang tinggi, serta memiliki peran penting pada otak, yakni untuk memaksimalkan fungsi kognitif, daya ingat, dan konsentrasi.

Selain itu, kandungan fenilalanin yang ada pada telur dapat menghasilkan dopamine yang berguna untuk meningkatkan suasana hati.

Dengan suasana hati yang baik, tubuh akan memunculkan rasa nyaman sehingga pengemudi akan lebih mudah berkonsentrasi pada saat mengemudi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.