Sukses

Diet Saat Ramadan? Kenapa Nggak! Ini Dia 3 Tipsnya

Tips diet di bulan puasa ramadan. (Sumber Foto: womenfitness.net)

Liputan6.com, Jakarta Selain urusan keagamaan, puasa juga berkaitan dengan kesehatan. Seperti diet, memang bisa bikin turun berat badan. Tapi herannya, banyak orang yang berat badannya justru meningkat drastis karena puasa Ramadan ini.

Idealnya puasa memang membantu proses diet yang kita terapkan. Sebab seperti yang dilansir dari The Productive Muslim, dengan puasa kamu bisa lebih mudah mengatur porsi makan--seperti yang tadi telah disebutkan. Di bulan puasa kamu cuma punya jatah makan dua kali sehari yakni saat sahur dan berbuka. Sementara di hari-hari biasa kamu bisa makan tiga kali ditambah camilan di sela-sela waktu makan tersebut.

Lalu, kenapa malah banyak orang yang berat badannya bertambah saat puasa Ramadan? Apa kamu termasuk salah satunya? Jika iya, kamu wajib baca tips diet saat Ramadan di bawah ini!

1. Atur Makanan

Makan dua kali sehari bukan berarti kamu pasti makan lebih sedikit dari biasanya, sih. Akui saja kekalapan yang sering terjadi saat buka puasa, kamu bisa nggak berhenti makan sampai menjelang tidur, kan? Nah, itu dia yang sering bikin berat badan naik.

Perbanyak makan sayur, buah, dan protein saat makan. Kurangi nasi khususnya nasi putih. Kalau mau, kamu bisa konsumsi nasi merah. Tidak perlu mengonsumsi terlalu banyak kalori demi menjaga perut tetap kenyang, yang penting gizi seimbang! Satu lagi, hindari goreng-gorengan sebisa mungkin selama Ramadan ini, ya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips Diet di Bulan Puasa

1. Atur Makanan

Makan dua kali sehari bukan berarti kamu pasti makan lebih sedikit dari biasanya, sih. Akui saja kekalapan yang sering terjadi saat buka puasa, kamu bisa nggak berhenti makan sampai menjelang tidur, kan? Nah, itu dia yang sering bikin berat badan naik.

Perbanyak makan sayur, buah, dan protein saat makan. Kurangi nasi khususnya nasi putih. Kalau mau, kamu bisa konsumsi nasi merah. Tidak perlu mengonsumsi terlalu banyak kalori demi menjaga perut tetap kenyang, yang penting gizi seimbang! Satu lagi, hindari goreng-gorengan sebisa mungkin, ya!

3 dari 4 halaman

Tips Diet di Bulan Puasa

2. Tetap Olah Raga

Puasa memang membuat energimu tak sebanyak biasanya, namun bukan berarti jadi tidak mampu berolahraga sama sekali. Justru, tetap berolahraga saat puasa ini penting supaya badanmu selalu berada dalam kondisi prima.

Mungkin kamu hanya perlu mengubah jenis olah raga yang kamu lakukan dan waktumu melakukannnya. Olahraga kardio, di malam hari sekitar 1 jam setelah buka puasa itu sudah cukup kok.

4 dari 4 halaman

Tips Diet di Bulan Puasa

3. Tetap Ngemil

Kamu tak perlu menghilangkan waktu ngemilmu sama sekali selama puasa ini. Siapkan buah, sayuran, atau kacang-kacangan buat jadi snack di waktu-waktu santai setelah berbuka puasa atau saat menunggu waktu imsyak.

Jangan lupa berikan jeda yang cukup antara makan terakhirmu ke waktu tidur ya. Paling tidak 2 jam sebelum tidur, kamu sudah harus berhenti ngemil!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.