Sukses

Di Balik Lapar dan Haus, Ini Manfaat Luar Biasa Puasa

Hal yang lumrah kita merasakan lapar dan haus selama puasa. Apakah puasa menyiksa? Kalau dilakukan dengan tata cara yang benar, puasa justru akan memberi banyak manfaat positif.

Liputan6.com, Jakarta Hal yang lumrah kita merasakan lapar dan haus selama puasa. Apakah puasa menyiksa? Kalau dilakukan dengan tata cara yang benar, puasa justru akan memberi banyak manfaat positif.

Di balik rasa lapar dan haus, puasa bisa memberi berbagai manfaat luar biasa untuk tubuh. Bahkan tubuh bisa jauh lebih sehat dengan puasa. Dan mumpung sekarang sudah masuk bulan Ramadan, yuk maksimalkan puasa sebulan penuh agar manfaatnya pun bisa segera kamu dapat.

Puasa Bisa Menjaga Kesehatan JantungDilansir dari meetdoctor.com, puasa adalah salah satu metode non-obat untuk mengurangi tekanan darah, sehingga menurunkan risiko aterosklerosis. Apa itu aterosklerosis? Ini adalah kondisi di mana terjadi penyempitan dan pengerasan di dalam pembuluh darah arteri akibat pengendapan kolesterol dan zat-zat lemak lainnya.

Nah, selama puasa hormon tubuh seperti adrenalin dan noradrenalin akan berkurang. Metabolisme pun bisa dijaga kestabilannya. Tekanan darah bisa ikut berkurang dan stabil. Kesehatan jantung pun akan ikut terjaga.

Puasa Dapat Meningkatkan Kemampuan OtakSaat sedang berpuasa, tubuh kita akan memproduksi hormon neurotropik lebih banyak. Efeknya, sel-sel otak akan lebih banyak diproduksi sehingga kinerja otak semakin baik. Tingkat stres pun bisa menurun karena adanya penurunan kadar hormon kortisol yang dihasilkan oleh tubuh.

Puasa Dapat Membuat Sistem Pencernaan Lebih SehatNiatkan puasa untuk ibadah, maka tubuh akan mengondisikan dirinya untuk tetap berfungsi dengan baik. Di balik rasa lapar dan haus yang kita rasa selama puasa, sistem pencernaan justru bisa lebih sehat dan efisien. Kenapa? Karena proses pemecahan makanan bisa lebih stabil dan pelepasan energi akan mengikuti pola yang seharusnya. Di sini, sistem pencernaan akan memperoleh waktu untuk merevitalisasi dan meningkatkan fungsinya dengan lebih baik.

Puasa Dapat Meningkatkan Sistem Imun TubuhManfaat yang satu ini memang luar biasa sekali. Selama berpuasa, tubuh bakal lebih optimal meningkatkan produksi limfosit hingga 10 kali lipat. Hal ini akan sangat baik bagi tubuh sehingga dapat lebih kebal dari serangan virus dan terhindar dari berbagai penyakit.

Puasa Dapat Mengeluarkan Racun dari Dalam TubuhPuasa merupakan metode detoksifikasi alami yang mampu membersihkan racun dari dalam tubuh sehingga tubuh kita akan lebih sehat. Sehingga racun dari sisa metabolisme ataupun akibat dari penggunaan zat kimia pada produk tertentu bisa dikeluarkan dengan lebih optimal selama kita puasa.

Puasa Dapat Mengurangi Kadar Gula DarahSaat berpuasa, tubuh akan meningkatkan pemecahan glukosa agar tubuh dapat memperoleh energi yang dibutuhkan. Selain itu, ketika cadangan glukosa sudah mulai menipis, maka tubuh akan memecah lemak untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan. Dengan pola makan yang lebih sehat dan teratur selama puasa, berat badan bisa lebih terkontrol.

Banyak sekali kan manfaat puasa? Yuk, lebih semangat lagi puasanya. Manfaatkan waktu sebulan penuh ini untuk memiliki pola hidup dan kebiasaan yang lebih sehat lagi.

Selamat berpuasa, Ladies. Semoga bulan Ramadan kali ini lebih banyak berkah yang bisa kita dapatkan.

Sumber: vemale

Reporter: Endah wijayanti

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini