Jus Buah Segar: Tunda Lapar Saat Puasa

Oleh Editor Vemale pada 13 Mei 2018, 14:00 WIB
Jus Buah Segar: Tunda Lapar Saat Puasa

Liputan6.com, Jakarta Saat puasa menjelang, banyak makanan yang harus dibatasi. Karena jika tidak, bukannya semakin sehat tapi justru akan semakin membuat tubuh lemas dan sakit. Sehingga dianjurkan saat berbuka dan sahur banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, protein, vitamin, dan karbohidrat kompleks. Yang terpenting, asupan buah dan saat puasa juga diperlukan agar tubuh tetap sehat.

Jika selama ini kita membiasakan diri untuk berbuka dengan yang manis, sebaiknya anggapan dan kebiasaan seperti ini diubah. Karena sebenarnya, gula darah saat puasa itu normal dan jika saat berbuka langsung diberikan makanan atau minuman manis maka akan membuat lonjakan drastis pada gula darah. Hal ini sangat membahayakan bagi penderita diabetes.

2 of 2

Jus Buah Segar: Tunda Lapar Saat Puasa

Untuk mengurangi risiko lonjakan gula darah saat berbuka, ada baiknya konsumsi buah dan sayur yang lebih banyak. Tak hanya saat berbuka, saat sahur pun juga dianjurkan untuk mengkonsumsi buah dan sayur yang banyak. Hal ini dikarenakan sayur dan buah memiliki kandungan serat yang dapat mencegah lapar lebih cepat dan memberikan efek kenyang yang lebih lama.

Sebaiknya, konsumsi buah dalam bentuk jus karena mudah dicerna dan dapat membantu pencernaan lebih lancar. Selain itu, jus buah juga dapat memberikan asupan vitamin dan mineral yang lebih banyak dan dibutuhkan oleh tubuh.

Jika kamu tak sempat mengkonsumsi buah dalam bentuk 'kasar', ada baiknya dikonsumsi dalam bentuk jus.

Lanjutkan Membaca ↓