Sukses

Tetap Cantik dan Bugar Selama Ramadan, Ini Rahasianya

Anda tetap bisa tampil cantik dan bugar selama bulan Ramadan, tentunya dengan cara yang tidak berlebihan.

Liputan6.com, Jakarta Berpuasa di bulan Ramadan memang menjadi tantangan tersendiri. Terkadang, terutama pada awal-awal bulan suci ini, tubuh masih beradaptasi sehingga menjadi loyo dan lemas. Namun, ini bukan alasan tidak mempedulikan penampilan.

Anda tetap bisa tampil cantik dan bugar selama bulan Ramadan, tentunya dengan cara yang tidak berlebihan. Dilansir dari berbagai sumber, cukup lakukan beberapa tips berikut yang akan membuat tubuh tetap prima selama bulaan ramdan.

Jangan Abaikan Sahur

Sahur sangat penting agar tubuh Anda mendapatkan energi untuk beraktivitas sepanjang hari. Sahur juga penting untuk meningkatkan konsentrasi dan produktivitas selama Anda berpuasa sepanjang hari di bulan Ramadan.

Menu sahur yang sehat sebaiknya mengandung protein dan serat sehingga mampu membuat perut tetap kenyang sampai lama. Protein didapat dari daging rendah lemak, telur, kacang dan susu. Sementara serat didapat dari buah dan sayuran. Hindari menu sahur berupa goreng-gorengan, kuah bersantan, dan makanan berlemak.

Jangan Tidur Setelah Sholat Shubuh

Udara segar di pagi hari sangat baik bagi tubuh Anda. Keluarlah dari rumah Anda dan hirup udara dalam-dalam untuk mendapatkan asupan oksigen ke seluruh tubuh dan otak. Cahaya matahari sangat kaya akan Vitamin D yang bisa memperkuat tulang. Manfaat lain adalah untuk merangsang pelepasan hormone endorfin yang bisa meningkatkan mood baik.

Menjaga Kesegaan dan Kebersihan Mulut

Jangan remehkan menggosok gigi saat berpuasa. Sisa-sisa makanan akan menempel di sela-sela gigi dan menjadi plak jika tidak dibersihkan. Menggosok gigi akan membuat gigi Anda terlihat putih dan bersih, mengatasi bau mulut dan membuat Anda lebih percaya diri. Tambahkan obat kumur bila diperlukan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tetap Cantik dan Bugar Selama Ramadan, Ini Rahasianya

Berolahraga teratur

Berpuasa bukan halangan untuk tetap beraktivitas fisik, bahkan latihan fisik akan mampu meningkatkan kebugaran, membakar kalori, menurunkan tekanan darah, serta membuat mood Anda naik dan bersemngat. Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup dengan berjalan kaki dengan langkah teratur minimal 30 menit sebanyak tiga hingga lima kali dalam seminggu.

 

3 dari 3 halaman

Tetap Cantik dan Bugar Selama Ramadan, Ini Rahasianya

Selama bulan ramadan banyak kaum muslim yang berlomba-lomba melakukan banyak ibadah, tidak hanya ibadah wajib saja namun juga termasuk ibadah sunah seperti sholat tarawih dan tadarus Al-Quran. Namun sesibuk apapun Anda di bulan ramadan, jangan abaikan kondisi tubuh Anda. Pertahankan waktu tidur minimal enam jam sehari agar tubuh Anda tidak kelelahan. Tubuh yang kelelahan bisa menurunkan imunitas tubuh dan mengganggu metabolisme tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.