Sukses

Daftar Menu Buka Puasa di Bulan Ramadan yang Bikin Kangen

Untuk menyambut bulan Ramadan 2018 mendatang, berikut daftar menu buka puasa yang pasti sudah kamu tunggu tunggu kehadirannya!

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan memang jatuh setahun sekali. Namun kehadirannya selalu dinantikan, khususnya para umat muslim Indonesia. Selain kegiatan spiritual, hal lain yang selalu dikangenin dari bulan Ramadan yakni menu buka puasanya. Hayoo, pasti kamu juga tidak sabar menanti nanti kudapan lezat yang selalu disajikan di bulan ini kan?

Ada banyak sekali menu buka puasa yang amat menggugah selera. Kamu bisa mendapatkannya secara mudah di penjual pinggir jalan atau masak sendiri di rumah. Untuk menyambut bulan Ramadan 2018 mendatang, berikut daftar menu buka puasa yang pasti sudah kamu tunggu tunggu kehadirannya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Kolak Pisang

Kolak pisang adalah makanan khas Ramadan yang wajib dihidangkan saat buka puasa. Kudapan ini memiliki cita rasa yang khas karena rasa manisnya yang berasal dari gula merah. Rasa manis ini terasa seimbang dengan gurihnya santan kelapa dan sedikit asam dari buah pisang. Kolak ini akan terasa lebih mantap bila ditambahi kolang-kaling, ubi kayu, dan juga mutiara warna-warni.

3 dari 8 halaman

Bubur Candil

Bubur candil merupakan salah satu hidangan tradisional yang populer untuk berbuka puasa. Hidangan manis yang kaya akan gula dan karbohidrat ini sangat baik untuk mengembalikan stamina tubuh. Bubur candil berisi ubi jalar dan tepung tapioka yang dibentuk-bentuk seperti kelereng yang kemudian ditambah saus santan yang lezat. Satu mangkuk kecil bubur candil amat cukup untuk mengisi perut kamu yang seharian kosong.

4 dari 8 halaman

Aneka Gorengan

Agaknya gorengan adalah makanan berbuka puasa yang paling favorit oleh hampir semua orang Indonesia. Aneka jenis gorengan seperti bakwan jagung, pisang goreng, tempe mendoan, hingga tahu isi yang renyah dianggap sempurna untuk mengembalikan selera makan setelah berpuasa seharian. Apalagi bila gorengan ini disantap dengan teh manis hangat bersama keluarga. Duh nikmatnya…

5 dari 8 halaman

Es Buah Segar

Es buah segar juga menjadi takjil favorit orang Indonesia saat berbuka puasa. Takjil yang satu ini memang sangat mudah ditemukan di bulan Ramadan. Campuran buah-buahan segar, sirup cocopandan, susu, dan es batu ini memang dapat memberikan kesegaran saat berbuka. Buah, sirup, dan susu memiliki kandungan gula yang cukup tinggi sehingga bisa mengembalikan kadar gula darah dengan cepat.

6 dari 8 halaman

Es Pisang Ijo

Selain kolak dan es buah, terdapat juga varian es lain yang tidak kalah enak untuk berbuka puasa. Apalagi kalau bukan es pisang ijo. Kuliner asal Makasar ini memang memiliki cita rasa yang lezat, unik, dan juga ngangenin. Meski sama-sama menggunakan bahan pisang dan santan, namun kudapan yang satu ini memiliki ciri khas pisang Raja yang dibalut dengan tepung beras dan tepung terigu yang diberi pewarna hijau pandan yang khas. Jangan lupa menambahkan vla di atas hidangan untuk menambah kenikmatan.

7 dari 8 halaman

Kurma

Tidak bisa dipungkiri bahwa kurma adalah buah favorit untuk disantap saat berbuka puasa. Selain memiliki kandungan kalori dan gula yang mampu mengembalikan stamina tubuh dengan cepat, kurma juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang menyehatkan tubuh.

8 dari 8 halaman

Kue Basah Jajanan Pasar

Aneka jajanan tradisional seperti kue-kue basah juga amat diminati oleh orang Indonesia. Kalau biasanya kamu harus pagi-pagi ke pasar untuk membeli kue-kue ini, di bulan Ramadan kamu bisa mendapatkannya dengan mudah saat ngabuburit. Mulai dari kue nagasari, risoles, kue lumpur, bolu kukus, pastel, putu ayu, lupis, klepon, dan lain-lain.

Nah, siapa yang tidak sabar menyantap makanan ini saat berbuka puasa?

Sumber: Vemale.com from iPrice Trend

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.