Sukses

11 Kondisi Orang yang Tak Dianjurkan Puasa, Siapa Saja?

Secara medis, ada beberapa kelompok pasien yang tidak dibolehkan puasa. Cek di sini daftarnya.

Liputan6.com, Jakarta Kurang dari dua minggu lagi, bulan puasa datang. Ini adalah salah satu bulan yang ditunggu-tunggu bagi umat Islam.

Selama bulan Ramadan, umat muslim menjalani puasa 30 hari agar bisa kembali 'suci' di Hari Kemenangan nanti. Namun, secara medis ada beberapa kelompok pasien yang tidak dibolehkan puasa seperti disampaikan dokter spesialis penyakit dalam RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, Ari Fahrial Syam, dalam pesan teks yang diterima Liputan6.com ditulis Minggu (13/5/2018).

Siapa saja kelompok pasien yang secara medis tidak dibolehkan puasa? Berikut daftarnya:

1. Pasien dalam perawatan rumah sakit dan dalam keadaan di infus, baik infus cairan maupun makanan, atau pasien yang sedang mendapat transfusi darah.

2. Seseorang yang sedang dalam infeksi akut misalnya mengalami radang tenggorokan berat, demam tinggi, diare akut, mual dan muntah.

3. Seseorang dengan migrain atau vertigo dengan syarat kondisinya akan bertambah buruk jika pasien tersebut tidak makan atau minum obat.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pasien dengan gangguan pernapasan akut

4. Pasien dengan gangguan pernafasan akut seperti asma akut, penyakit paru obstruksi kronis yang berat.

5. Pasien jantung dengan gagal jantung.

6. Pasien sakit maag yang sedang dalam keadaan akut misal muntah-muntah hebat dan nyeri hebat sampai keluar keringat dingin.

7. Pasien kanker yang sedang dalam pengobatan atau belum diobati.

8. Pasien dengan gangguan liver kronis lanjut.

 

3 dari 3 halaman

Pasien gagal ginjal kronis

9. Pasien dengan gagal ginjal kronis yang sedang menjalani cuci darah atau peritoneal dialisis.

10. Pasien kencing manis dengan kondisi gula darahnya belum terkontrol atau kalau pun terkontrol tetapi dengan kebutuhan insulin masih tinggi lebih dari 30 U per hari.

11. Orang tua usia lanjut dengan menderita pikun (Alzheimer).

Untuk memastikan boleh tidaknya orang dengan penyakit tertentu berpuasa, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau tenaga medis terdekat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.