Sukses

5 Cara Ampuh Hilangkan Bibir Kering dan Pecah Saat Berpuasa

Masalah yang kerap kita alami saat puasa yakni bibir kering dan pecah. Oleh karena itu, kamu perlu lakukan lima hal ini untuk mencegahnya.

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya kulit yang bisa kering ketika udara panas. bibir pecah-pecah dan kering ketika berpuasaa saat ramadan juga kerap dialami banyak orang.

masalah yang biasa terjadi itu sering muncul karena kita mengalami dehidrasi setelah berpuasa selama seharian. Selain itu, bibir juga menjadi salah satu bagian tubuh yang paling rentan menjadi kering karena rak memiliki kelenjar minyak dan keringat sehingga sulit untuk membuatnyaterus lembab.

Untuk mengatasi hal tersebut, sejumlah cara alami ini mampu menghindarimu dari bibir pecah dan kering ketika ramadan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Gunakan pelembab dengan kandungan SPF

Kulit bibir kita 15 kali lebih tipis dari kulit tubuh. Perlindungan ekstra terhadap matahari tak hanya bisa dilakukan untuk kulit saja, tetapi juga perlu pada bibir. Apalagi cuaca saat puasa biarnya panas dan kering.

Ada baiknya gunakan pelembab bibir dengan kandungan SPF untuk menghindari bibir pecah sekaligus melindungi dari sinar matahari yang membuat bibir menjadi cepat menghitam.

3 dari 6 halaman

2. Berhenti menjilati bibir

Banyak orang mungkin merasa menjilati bibir dengan air liur mungkin dapat memberikan kelembaban. Padahal cairan air liur justru cepat menguap dan membuat bibir semakin rentan kering.

Dari hal itu kita justru terbiasa untuk menjilat bibir. Bukannya mengatasi kering, hal tersebut malah menambah masalah pada bibir.

4 dari 6 halaman

3. Sering melakukan eksfoliasi

Untuk melakukan hal ini kamu bisa menggunakan scrub bibir ataupun sikat gigi. Hal tersebut dipercaya dapat melepaskan sel-sel mati pada area bibir.

Jika kamu rajin melakukan hal ini saat ramadan, bibir tak mudah untuk menjadi kering dan selalu terasa halus.

5 dari 6 halaman

4. Menjaga makanan

Pepaya, kacang serta biji-bijian mengandung vitamin, mineral dan asam lemak yang membuat kulit bibir lembut dan lentur. Selain itu, mengonsumsi banyak buah juga bisa jadi salah satu cara untuk membuat bibir tetap lembab.

Jika kamu menginginkan bibir agar tak mudah kering, kurangi konsumsi makanan pedas dan asin. Kedua makanan tersebut sangat berperan kuat untuk membuat bibit cepat kering. Di samping itu, makanan asing dan manis juga menyebabkan kita lebih mudah lapar.

 

 

6 dari 6 halaman

5. Gunakan madu sebelum tidur

Madu merupakan cara alami untuk menghilangkan bibir kering. Sayangnya, mengoleskan madu saat puasa bisa-bisa membuat puasamu batal. Oleh karena itu, kamu bisa mengoleskannya ketika sebelum tidur. Dan menjelang sahur kamu bisa mengonsumsi tiga sendok makan madu.

Dengan mengonsumsi madu, tak hanya bikin bibirmu lembab sepanjang hari. madu juga bisa memberikan energi ketika ketia berpuasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini