Sukses

Atiqah Hasiholan Tetap Ingin Jalankan Puasa meski Sedang Menyusui

Atiqah Hasiholan mantapkan diri untuk tetap berpuasa meski sedang menyusui putrinya, Salma.

Liputan6.com, Jakarta Atiqah Hasiholan tak mau melewatkan bulan puasa tahun ini. Ibu satu anak itu tetap ingin melakukan kewajiban sebagai umat muslim.

Tantangan sebagai seorang ibu dirasakan Atiqah di tahun ini saat bulan Ramadan. Atiqah harus menyusui sang buah hati, Salma, yang kini berusia 10 bulan. Untung saja ada asupan lain, selain ASI, yang didapat Salma selama sang ibu berpuasa.

"Sebentar lagi bulan puasa buat aku tantangan baru ya. Karena aku masih menyusui, Insyaallah aku bisa puasa juga. Jadi, belum pernah aja ngerasain menyusui sambil berpuasa. Kenapa aku memilih untuk tetap berpuasa karena walau aku menyusui sekarang kan (Salma) sudah di atas 6 bulan ya, jadi Salma pun sudah ada asupan lain selain dari ASI juga. Jadi, ya kita coba aja. Semangat sih, jadi excited gitu kayak apa ya rasanya," ucap Atiqah Hasiholan saat ditemui di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Jum'at (4/5).

Semangat menyusui di bulan Ramadan dibuktikan Atiqah dengan mencari berbagai macam tips agar kuat menjalani puasa saat sedang menyusui. Tak hanya itu, ia juga diharuskan menjaga asupan makan di saat buka dan sahur. Tips tersebut berdasarkan hasil pencariannya melalu buku dan sumber di internet.

"Enggak apa-apa kok puasa pada saat menyusui, asalkan sahurnya sama buka puasanya kita benar-benar perhatiin asupan yang kita makan dan minum. Lagian Salma sudah 10 bulan, jadi aku enggak begitu khawatir karena Salma minumnya sudah lebih jarang jarak waktunya. Kalau 6 bulan ke bawah mungkin aku masih berpikir enggak deh karena Salma kan hanya ekslusif ASI. Kalau sekarang dia sudah makan juga," pungkasnya.

Sedikit kelegaan yang dirasakan Atiqah ini tentu membuatnya semakin bersemangat karena dirinya tidak harus memberikan ASI eksklusif pada Baby Salma. Atiqah hanya perlu menjaga asupan makanan agar kuat menjalani puasa nantinya.

 

Sumber: Nuzulur Rakhmah/KapanLagi.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini