Sukses

Saudi Akan Luncurkan Destinasi Wisata Muslim

Komisi di Saudi segera meluncurkan inisiatif wisata untuk Muslim setelah jemaah menyelesaikan ritual keagamaan, seperti umrah.

Liputan6.com, Riyadh - Komisi Saudi untuk Pariwisata dan Warisan Nasional (SCTH) meluncurkan gagasan menjadikan Arab Saudi sebagai tujuan pilihan bagi wisatawan Muslim dari seluruh dunia.

Menurut juru bicara SCTH, Saud Al-Mogbil, semua inisiatif dari Program Transformasi Nasional 2020 terkait dengan model kemitraan sektor swasta/publik (PPP).

“SCTH sedang membangun prakarsa KPS yang produktif yang akan mengubah sektor pariwisata nasional dan berkontribusi secara signifikan terhadap Saudi Vision 2030,” katanya kepada Arab News yang dikutip Senin (7/5/2018).

Dia menambahkan bahwa SCTH terkait dengan mitra utama, seperti Kementerian Dalam Negeri, Urusan Luar Negeri, Haji dan Umrah serta Saudi Arabian Airlines.

“Pemimpin SCTH, Pangeran Sultan bin Salman, adalah dalang dari inisiatif ini, yang programnya berasal dari Saudi Vision 2030, rencana transformasi yang mengidentifikasi pariwisata sebagai salah satu sektor strategis dengan potensi yang paling memberikan manfaat ekonomi langgeng dan perubahan sosial yang positif di ekonomi, selain minyak," kata Al-Mogbil seperti dikutip dari Arab News, Senin (8/5/2018).

Al-Mogbil mencatat bahwa inisiatif "Tujuan untuk Muslim" akan memungkinkan para pelancong umrah memperkaya kunjungan mereka dengan menikmati produk pariwisata berkualitas tinggi setelah mereka menyelesaikan ritual keagamaan. Langkah tersebut juga akan meningkatkan peluang investasi di sektor pariwisata Arab Saudi.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target

Al-Mogbil menjelaskan bahwa inisiatif tersebut terutama menargetkan empat kelompok utama yaitu pengunjung Umrah, pengusaha Muslim, tamu negara dari negara-negara Muslim lainnya, dan penumpang transit Muslim.

"Keberhasilannya terkait erat dengan beberapa area fokus lainnya oleh SCTH seperti pameran dan konferensi, warisan budaya dan pariwisata kesehatan," katanya.

Al-Mogbil menambahkan, "untuk memenuhi berbagai macam kegiatan, komisi Saudi ini terlibat dalam program pembangunan infrastruktur dan pelatihan yang ambisius untuk menciptakan lingkungan pariwisata yang dapat memberikan pengalaman wisata ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.