Sukses

Selain Pahala 1000 Bulan, Apa Lagi Ganjaran Itikaf?

Pada sepuluh malam terakhir, banyak sekali masjid yang menggelar acara itikaf.

Liputan6.com, Jakarta - Pada sepuluh malam terakhir, banyak sekali masjid yang menggelar acara itikaf. Umat Islam memenuhi masjid seusai salat tarawih untuk melaksanakan itikaf, yaitu berdiam diri di masjid dan beribadah kepada Allah.

Keafdalan dari melaksanakan itikaf adalah kesempatan kita untuk mendapatkan pahala malam seribu bulan atau yang disebut malam lailatul kadar.

Selain keutamaan malam seribu bulan, ada dua keutamaan lainnya apabila kita melaksanakan i'tikaf pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadan.

1. Dihapus Dosa-dosanya dan Ditulis Kebaikan

Diriwayatkan dalam hadis Ibnu Majah, "Dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah menjelaskan berkaitan dengan orang yang beritikaf: "Ia berdiam diri dari dosa-dosa dan dialirkan baginya kebaikan seperti orang yang melakukan semua kebaikan."

2. Seperti Pahala Haji dan Umrah

Diriwayatkan dalam Hadis Baihaqi, "Rasulullah bersabda, "Barang siapa itikaf 10 hari di dalam bulan Ramadan maka (dapat pahala) seperti orang yg dua kali haji dan dua kali umrah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.