Sukses

Jangan Abaikan Minum Air Putih di Akhir Puasa Ramadan

Agar terhindar dari dehidrasi, disarankan minum air putih dengan cara berikut saat berbuka dan sahur

Liputan6.com, Jakarta Ramadan akan segera berlalu. Mendekati akhir bulan puasa, sebagian dari kita cenderung abai terhadap asupan makanan dan minuman. Tak heran bila terkadang dehidrasi melanda. 

Minum air putih delapan gelas per hari kerap disarankan oleh para ahli kesehatan. Bila pada hari biasa hal ini mudah diterapkan, berbeda ketika Anda tengah puasa.

Agar terhindar dari dehidrasi, dr. Alberta Jesslyn Gunardi, dari Klikdokter.com, menyarankan untuk minum empat sampai lima gelas saat buka puasa atau sahur. 

"Minumlah segelas air putih sebelum dan sesudah makan saat berbuka dan sahur. Anda juga dapat minum satu atau dua gelas ketika makan. Sisanya dapat Anda minum sebelum tidur," tulis Alberta dikutip dari Klikdokter.com, Kamis (22/6/2017).

Selain itu, lanjut Alberta, Anda dapat menyiasatinya dengan konsumsi buah atau jus yang mengandung air. Sertakan juga menu makanan kuah seperti soto atau bakso.

Hindari mengonsumsi kopi, teh, dan soda yang mengandung kafein. Kafein justru dapat membuat Anda kehilangan cairan tubuh selama puasa. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.