Hindari Minum Teh Manis Hangat Saat Sahur, Ini Alasannya

Oleh Fitri Syarifah pada 06 Jun 2017, 20:00 WIB
Diperbarui 06 Jun 2017, 20:00 WIB
[Bintang] Teh
Perbesar
Ternyata memanaskan teh di microwave bisa buat kamu lebih sehat. Kok bisa? (Sumber Foto: Pinterest/twenty20)

Liputan6.com, Jakarta Saat sahur, biasanya kita ingin minum teh manis hangat untuk sekadar menyegarkan diri agar tak mengantuk saat makan. Namun ternyata hal ini tak disarankan, khususnya bagi ibu hamil dan menyusui yang ingin puasa di bulan Ramadan. Kenapa? 

Dokter Spesialis Gizi Klinis dari Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro, Diana F Suganda MKes mengatakan mengonsumsi teh yang mengandung kafein cenderung justru akan menghasilkan efek diuretik yang mengakibatkan dehidrasi.

Teh Kayu Manis. foto: antaranews

"Batasi minum kafein karena selain menyebabkan dehidrasi, tekanan darah naik dan denyut jantung jadi lebih cepat," katanya saat ditemui wartawan beberapa waktu lalu, ditulis Rabu (6/6/2017).

Diana menuturkan, sumber kafein lain selain teh yang perlu dihindari selama sahur adalah kopi, cokelat serta minuman berenergi. "Kopi dapat menghambat penyerapan zat besi dan mengganggu tumbuh kembang janin karena metabolisme janin belum sempurna."

Sebagai ganti teh atau kopi, tambah Diana, Anda bisa minum susu hangat dan air putih sebanyak-banyaknya selama sahur untuk mencegah dehidrasi selama puasa.