Sukses

Pasukan Ambulans Bermotor Siap Amankan Jalur Mudik

Meski arus mudik Lebaran masih beberapa pekan ke depan, namun berbagai persiapan telah dilakukan

Liputan6.com, Jakarta - Meski arus mudik Lebaran masih beberapa pekan ke depan, namun berbagai persiapan telah dilakukan. Salah satunya adalah hadirnya pasukan ambulans sepeda motor yang akan ditempatkan di sejumlah titik.

Disebutkan, pasukan ambulans sepeda motor dapat memberikan layanan pra hospital. Ambulans sepeda motor ini merupakan bagian program dari Kementerian Kesehatan sesuai instruksi presiden yang bekerja sama dengan sejumlah kabupaten dan kota di Indonesia.

Kehadiran sepeda motor ambulans ini rupanya menjadi bahan pembelajaran pemerintah Indonesia. Sebab tahun lalu, salah satu wilayah yang menjadi pusat perhatian yaitu tol Brebes Exit (Brexit), Jawa Tengah. Di tempat ini sejumlah pemudik mengeluh karena macet.

Bahkan akibat kemacetan tersebut beberapa orang di antaranya meninggal dunia karena kelelahan. Sepeda motor ambulans bisa diakses dengan menekan nomor telepon 119. Saat mudik, sepeda motor ambulans ini bisa melaju melalui jalur tol maupun non tol.

Tentu saja sepeda motor ambulans ini akan membantu pemudik dalam pelayanan gawat darurat, sebelum dibawa ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Adapun sepeda motor ini mendapat beberapa perlengkapan termasuk sirine, lampu rotator, boks untuk menyimpan peralatan kesehatan, serta pengeras suara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.