Sukses

Ajari Anak Mengaji di Bulan Ramadan Pakai 3 Aplikasi Ini

Keakraban anak dengan smartphone dan gadge bisa dimanfaatkan orangtua untuk mengajari anak membaca Alquran di bulan Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadan bisa jadi kesempatan yang baik bagi orangtua untuk memperkenalkan kitab suci Alquran pada putra putrinya.

Tak perlu repot, dengan keakraban anak dengan smartphone dan gadget lainnya, upaya belajar Alquran bisa dilakukan dengan berbagai aplikasi Alquran.

Kali ini, Tekno Liputan6.com bakal menghadirkan tiga aplikasi belajar Alquran yang cocok untuk anak-anak. Apa saja?

1. Belajar Mengaji Alquran

Aplikasi Belajar Mengaji Alquran bisa dengan mudah ditemukan di toko aplikasi Google Play secara gratis. Aplikasi ini bisa dibilang cocok buat anak-anak karena tampilannya yang penuh warna dan animasi yang menyegarkan.

Aplikasi besutan Nayaka Studio ini sudah diunduh lebih dari 50 ribu kali di perangkat Android dengan review yang bisa dibilang cukup baik. Lewat aplikasi ini, anak bisa mulai mengenal huruf Hijaiyah dan tanda baca Alquran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belajar Juz Amma

2. Juz Amma For Kids

Surat-surat pendek di Alquran atau yang sering disebut Juz Amma selalu dibaca saat salat. Momen Ramadan bisa jadi waktu yang tepat bagi orangtua untuk mengajari anak mengenal berbagai surat pendek di Alquran.

Orangtua yang ingin mengajari anaknya pun bisa memanfaatkan aplikasi Juz Amma For Kids besutan pengembang Annisa Cipta Informatika yang terbagi dalam 3 part untuk membantu anaknya belajar dan menghafal surat-surat pendek.

Tampilan aplikasi yang penuh warna dengan gambar latar belakang yang bisa diganti tentu dapat menambah semangat anak saat belajar menghafal surat-surat pendek.

Aplikasi Juz Amma Surat Pendek (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

 

3 dari 3 halaman

Belajar Iqra

3. Belajar Iqra dengan Audio

Sebelum berkenalan dengan Alquran, biasanya guru mengaji akan memperkenalkan anak dengan buku Iqra. Iqra menjadi pengantar anak mengenal huruf-huruf Hijaiyah dan menggabungkan huruf menjadi kalimat pendek maupun panjang yang nantinya ditemui di Quran.

Aplikasi Iqra rupanya juga bisa ditemukan di toko aplikasi, salah satunya adalah Belajar Iqra dengan Audio. Aplikasi ini memungkinkan anak-anak untuk mendengarkan audio atau bunyi bacaan sehingga mereka akan lebih mudah dalam menyebut huruf Hijaiyah.

Dengan tampilan menarik berwarna-warni, aplikasi bisa digunakan oleh orangtua menjadi satu media untuk mempelajari Alquran di bulan Ramadan.

(Tin/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.