Sukses

9 Fitur Anyar Google Sambut Ramadan 2017

Berikut ini sejumlah fitur anyar yang disediakan Google untuk menunjang kegiatan selama bulan Ramadan

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut Ramadan tahun ini, Google tak mau ketinggalan menghadirkan fitur anyar untuk mendukung kegiatan ibadah. Tak tanggung-tanggung, raksasa internet itu menyiapkan sembilan fitur utama untuk pengguna di Indonesia.

"Hari ini Google menghadirkan beragam fitur terbaru yang dapat dimanfaatkan untuk menemukan hal yang dibutuhkan saat Ramadan," ujar Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utama, Senin (29/5/2017) di Jakarta.

Adapun pembaruan fitur itu mencakup layanan seperti Search, Maps, Play, termasuk YouTube. Menurut Product Marketing Manager, Search, & Maps Google Indonesia, Mira Sumanti, fitur anyar yang dihadirkan ini berdasarkan pencarian terbanyak selama bulan Ramadan.

"Sebut saja pencarian tertinggi di Google Search tentang menu buka puasa, jalur mudik, hingga tempat ngabuburit. Keseluruhan fitur itu Google hadirkan untuk pengguna dan dapat menjadi teman selama Ramadan," ujarnya.

Lantas, apa saja fitur tersebut? Untuk Google Search, pengguna kian dimudahkan mencari kebutuhannya selama bulan Ramadan. Pencarian itu termasuk resep Ramadan, ucapan Ramadan, termasuk hitung mundur matahari tenggelam.

Kebutuhan mencari tempat berbuka puasa juga kian terbantu dengan fitur cari meja di Google Maps. Pengguna kini dapat memesan restoran terdekat cukup memakai dengan sentuh jari. Khusus layanan ini, Google Maps bekerja sama dengan Qraved dan Chope.

Selama menunggu waktu berbuka puasa, pengguna dapat menikmati promo spesial #SalipLevel dari Play Store untuk bermain gim favorit. Pengguna juga dapat berbagi kartu hadiah Google Play dengan teman terdekat untuk merasakan pengalaman bermain gim populer.

Khusus untuk YouTube, Google menghadirkan Ramadan Shelf yang dapat menemani pengguna dengan konten-konten menarik. Fitur YouTube offline juga dapat menjadi solusi di tengah mudik atau ketika tak ada koneksi internet.

Selain itu, Google Maps kini juga didukung dengan pencarian POM bensin hingga Masjid Terdekat. Pengguna cukup mengetik atau menggunakan perintah suara 'masjid dekat sini' dan Maps akan menunjukkan rekomendasi tempat terdekat berikut navigasinya.

Maps juga kini didukung fitur Berbagi Lokasi sehingga pengguna dapat saling berbagi lokasi secara langsung. Terakhir, fitur Transit untuk pengguna Commuter Line di Maps makin memudahkan pengguna memantau posisi kereta secara real-time termasuk lama perjalanan dan informasi biaya perjalanan.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini