Sukses

Menengok Beragam Bentuk Ketupat di Pameran Yogyakarta

Selain memamerkan ketupat Candi Borobudur bertingkat, ada juga ketupat Kepala Kerbau, Ketupat Ayam Onagadori, dan Ketupat Burung Merpati.

Liputan6.com, Yogyakarta - Idul Fitri 2016 tinggal 9 hari. Di Indonesia, perayaan Idul Fitri sangat meriah dan identik dengan ketupat.

Asep Maulana Hakim dari Studio Anyam Tanah mencoba menangkap suasana Lebaran dengan membuat pameran ketupat di Tirana House  Jl Suryodiningratan 55 Yogyakarta. Pameran ini berlangsung 18 Juni sampai 18 Juli 2016.

Panitia penyelenggara Nunuk Ambarwati mengatakan, ada 17 jenis anyaman ketupat yang dipamerkan, yang terdiri dari ketupat untuk upacara dan variasi atau hiasan. Ketupat-ketupat ini merupakan jenis ketupat yang berkembang di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Barat.

"Memamerkan 17 jenis ketupat, termasuk ketupat berbentuk Candi Borobudur dan ketupat ukuran 1 milimeter saja. Pameran dibuka dengan ditandai workshop membuat ketupat 15 jenis," ujar Nunuk, Minggu 26 Juni 2016.

Nunuk menjelaskan, ketupat-ketupat ini dibuat oleh Asep Maulana Hakim dari Studio Anyam Tanah. Asep juga dikenal sebagai master di bidang anyaman.

Sebelumnya, Asep Maulana Hakim memamerkan anyamannya yang berbahan baku tanah liat di Tirana House, Januari 2016 lalu. Melalui pameran ini, Asep dan Tirana House ingin lebih memperkenalkan mengenai sejarah, filosofi, dan makna ketupat.

"Dari mana dan bagaimana sejarah ketupat muncul dan digunakan untuk apa saja. Memaknai warisan kekayaan nenek moyang kita perihal nilai-nilai luhur yang ada dalam seribu makna ketupat," ujar dia.

Beberapa karya Asep yang menarik di antaranya ketupat Candi Borobudur yang bertingkat. Ada juga ketupat Kepala Kerbau, Ketupat Ayam Onagadori, Ketupat Burung Merpati, Ketupat Angsa, Ketupat Jantung, Ketupat Bantal, Ketupat Colibri, dan ketupat mini.

Pengunjung dapat melihat langsung pameran ini selama satu bulan ke depan. Selain melihat aneka model ketupat, pengunjung juga dapat melihat koleksi pakaian di Tirana House.

Berikut ini jenis-jenis ketupat yang dipamerkan:

1. Ketupat untuk upacara atau perayaan: Ketupat Bawang, Ketupat Lebaran, Ketupat Luar, Ketupat Luar, Ketupat Salamet, Ketupat Sinto, Ketupat Kepel.

2. Ketupat variasi/hiasan: Ketupat Kodok, Ketupat Kepala Kerbau, Ketupat Ayam Onagadori, Ketupat Burung Merpati, Ketupat Angsa, Ketupat Jantung, Ketupat Bantal, Ketupat Colibri, Ketupat Candi Borobudur, Ketupat ukuran 1 milimeter

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.