Sukses

Bingung Arah Kiblat Saat Mudik, Yuk Pasang Aplikasi Ini

Hendak mudik dan bingung arah kiblat, pasang aplikasi ini di smartphone kamu, dijamin menentukan arah kiblat jadi lebih mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Arah kiblat menjadi hal yang sangat penting bagi seorang muslim. Ke arah itulah muslim menghadap saat hendak melaksanakan ibadah shalat.

Namun, bagaimana jika kamu berada sebuah tempat, misalnya saat mudik dan tak tahu arah kiblat untuk shalat? Perlukah ilmu membaca arah matahari atau kompas?

Rupanya, dengan kemajuan teknologi kini pengguna hanya perlu melihat pada aplikasi arah kiblat jika hendak melaksanakan shalat di tempat yang tak diketahui arah kiblatnya.

Apa saja, yuk simak ulasannya seperti dihimpun Tekno Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (27/6/2016).

1. Kompas Arah Kiblat

Dengan aplikasi ini di smartphone Android kamu, kompas bakal memberitahukan mengenai arah kiblat. Salah satu hal yang penting dan unik dalam kompas kiblat Islamic arah adalah penggunaan tema aplikasi yang cukup variatif.Kompas Kiblat, sebuah aplikasi yang menunjukkan arah kiblat (Sumber: Google PlayStore)Selain itu, aplikasi ini memiliki keunggulan seperti untuk menemukan arah lain juga dalam perjalanan kamu, sehingga dipastikan kamu tak akan tersesat dalam perjalanan.


2. Find Qiblat Pro

Aplikasi ini menunjukkan arah kiblat sesuai dengan lokasi kamu berada. Find Qiblat Pro dilengkapi dengan kompas animasi kompas yang tampilannya sangat menarik.
Find Qiblat Pro, aplikasi penunjuk arah kiblat (Sumber: Google PlayStore).Pengguna bisa memakai GPS, kemudian memilih kota atau lokasi untuk bisa mendapatkan arah yang pas. Untuk diketahui, aplikasi ini menghadirkan 21.000 kota di seluruh dunia sehingga, di mana pun kamu berada pasti tak akan salah kiblat.


3. Kiblat Visual

Kiblat Visual dikembangkan untuk mengatasi kendala dan kekurangan dari sebagian besar aplikasi kiblat pada umumnya. Ada beberapa fitur yang membuatnya akurat.

Pertama Kiblat Visual mempertimbangkan masalah keandalan dan hamparan kiblat di Google Maps sehingga pengguna dapat secara visual memverifikasi arah Kiblat dengan fitur terdekatnya, seperti bangunan, jalan, dan melakukan penyelarasan yang diperlukan.Kiblat Visual, penunjuk kiblat berdasarkan lokasi real (Sumber: Google PlayStore).Kedua, aplikasi ini mengidentifikasi kekuatan medan magnet yang abnormal dan memperingatkan pengguna. 

Selanjutnya, Kiblat Visual menghitung arah kiblat dari utara sebenarnya (geografis). Informasi tambahan tentang Kiblat dari utara magnetik di lokasi pengguna juga disediakan bagi mereka yang memilih untuk menggunakan kompas asli.

Bagaimana, kamu tak lagi khawatir kan jika bepergian ke tempat yang tak ada petunjuk arah kiblat?

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.