Sukses

Gejala Maag Muncul Saat Buka Puasa? Atasi dengan Cara Ini

Penting memerhatikan asupan makanan saat sahur dan berbuka puasa.

Liputan6.com, Jakarta Meski sudah banyak bukti bahwa puasa memiliki sejumlah manfaat kesehatan, tapi puasa juga dilaporkan bisa memicu gejala maag, seperti perut terasa perih, kembung, mual, mulas, bersendawa, bahkan muntah. Itu sebabnya penting memerhatikan asupan makanan saat sahur dan berbuka.

Tapi jika muncul gejala maag saat Anda berpuasa, tak perlu khawatir dan menghentikan ibadah Anda. Ada cara sederhana untuk mengatasi keluhan tersebut. Cukup minum segelas air hangat bisa mengurangi gejala yang timbul akibat naiknya asam lambung, seperti dikutip dari laman Livestrong.

Selain itu, istirahat yang cukup dan menghindari makanan tinggi lemak juga penting dilakukan. Tak lupa batasi konsumsi asam dan pedas selama puasa.

Anda juga perlu menghindari konsumsi obat jenis NSAID (Non-Steroidal Anti-Inflammatory Drug) seperti naproxen, ibuprofen, dan aspiri, terutama saat perut kosong.

Merokok dan stres juga bisa meningkatkan risiko gangguan pencernaan. Segera hubungi dokter bila gejala berlanjut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini