Sukses

8 Cara Hindari Makan Berlebih Saat Buka Puasa

Setelah seharian berpuasa biasanya kita "lapar mata" dan cenderung makan berlebih saat berbuka.

Liputan6.com, Jakarta - Puasa Ramadan melatih Umat Muslim untuk mengendalikan diri, salah satunya dengan menahan lapar dan haus hampir sehari penuh. Anda tentu bisa merasakan betapa leganya berbuka setelah berhasil puasa sehari penuh bukan?

Tapi sebaiknya Anda berhati-hati. Setelah seharian berpuasa biasanya kita "lapar mata", tergiur melihat berbagai hidangan yang tersaji. Hal ini tentunya bisa berujung pada kondisi makan berlebih.

Agar terhindar dari kecenderungan makan berlebih, ada baiknya Anda memerhatikan delapan langkah yang dilansir dari laman Alarabiya, Senin (20/6/2016) berikut:

1. Tetap terhidrasi

Minum segelas air sebelum makan hidangan. Minum air putih satu jam sebelum makan mencegah kita makan berlebih. Sering kali tubuh kita keliru mengira sebagai lapar, dan Anda akan merasakan keduanya. Rasa lapar luar biasa saat puasa bisa jadi tanda tubuh mengalami dehidrasi.

2. Mulai dengan jumlah kecil

Awali berbuka puasa dengan hidangan kecil seperti kurma dan almond. Setelah itu beri jeda sejenak sebelum makan besar.

3. Perlahan

Mengunyah makanan perlahan membantu terhindar dari keinginan menelan lebih banyak makanan sehingga Anda tak akan makan secara berlebihan. Hal ini juga membantu tubuh memberi sinyal kenyang ke otak.

4. Duduk dan fokus

Hindari makan sambil berdiri. Saat Anda makan sambil duduk, Anda akan lebih menikmati makanan dan mudah kenyang. Anda juga lebih bisa mendengarkan tubuh dengan cara itu.

5. Makan seimbang saat sahur

Makan sahur mencegah kita makan berlebih saat berbuka puasa. Makan makanan yang mengandung serat dengan kombinasi protein, karbohidrat dan lemak baik saat sahur menjaga perut kenyang lebih lama dan baik untuk metabolisme tubuh.

6. Berolahraga

Ramadan bukan alasan untuk bermalas-malasan. Jika Anda berencana akan berolahraga setelah berbuka, dengan otomatis Anda menghindari makan berlebih. Pilih jenis olahraga yang tak terlalu menguras energi. Berolahraga akan membuat tubuh lebih bugar setelah berbuka.

7. Tidur cukup

Kita cenderung kurang tidur saat Ramadan. Tentukan jadwal tidur saat Ramadan agar mendapat tidur yang cukup. Perlu Anda tahu, ada keterkaitan antara kecukupan tidur dan selera makan. Saat kurang tidur, tubuh melepaskan hormon lapar sehingga orang cenderung makan berlebih saat berbuka puasa.

8. Tentukan tujuan turun berat badan

Menentukan tujuan untuk turun berat badan juga bisa menjadi motivasi agar tak makan berlebihan saat berbuka puasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.