Sukses

Anjuran dan Larangan Bagi Non Muslim Selama Ramadan

Setidaknya ada 6 anjuran dan larangan yang dikeluarkan perusahaan yang bernama SOS itu.

Liputan6.com, Jakarta Menghadapi bulan suci Ramadan, sebuah perusahaan jasa risiko keamanan medis dan perjalanan International yang berbasis di Singapura mengeluarkan anjuran dan larangan bagi non muslim.

Anjuran dan larangan ini terkait dengan wisatawan yang berkunjung ke negara-negara yang mayoritas masayrakatnya memeluk agama Islam. Setidaknya ada 6 anjuran dan larangan yang dikeluarkan perusahaan yang bernama SOS itu.

Berikut daftarnya:

1. Tidak makan, minum atau merokok di depan umum

Sebaiknya para wisatawan tidak makan, minum atau merokok di tempat umum dan secara terbuka selama jam puasa. Tempat-tempat umum itu biasanya itu adalah di taman, di mal maupun di transportasi umum atau tempat lainnya.

2. Berpakaian sopan

Para wisatawan yang sedang berkunjung ke negara yang mayoritas penduduknya muslim sebaiknya menahan diri untuk tidak mengenakan pakaian-pakaian yang minimalis, tipis, celana gemes, robek-robek atau transparan sebagai bentuk ungkapan menghormati para muslim yang sedang berpuasa, terutama puasa mata.

3. Perhatikan waktu kerja

Mereka yang sedang melakukan perjalanan bisnis, sebaiknya memperhatikan waktu kerja selama bulan Ramadan. Di negara-negara muslim seperti Indonesia, jam kerja dimulai lebih pagi dan pulang lebih sore. Sehingga ketika akan menjadwalkan meeting sebaiknya mengikuti jadwal mereka yang sedang berpuasa. Waktu pagi adalah yang paling disarankan karena suasana masih segar dan pikiran masih fokus.

4. Cek sekali lagi jadwal jalan-jalan Anda

Di negara-negara muslim, waktu-waktu yang paling hectic adalah saat menjelang buka puasa. Pada sesaat waktu sebelum matahari terbenam itu seluruh muslim akan tumpah ruah menuju pulang untuk berbuka puasa. Sehingga jalanan akan sangat macet. Agar terhindar dari kemacetan, cek sekali lagi jadwal keluar anda kecuali memang sengaja ingin mengetahui hiruk pikuk jalanan.

Selain itu pada saat Ramadan, beberapa tempat hiburan dilarang. Juga live music di klab malam atau tempat-tempat hedon duniawi lainnya.

5. Sebaiknya tidak mengekspresikan cinta secara vulgar.

Sebaiknya tidak mengumbar ekspresi kasih sayang secara vulgar di tempat umum. Utamanya ekspresi cinta kepada lawan jenis.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini