Sukses

Pertamina Siap Amankan BBM di Sulsel Saat Ramadan

Pertamina Siap Amankan BBM di Sulsel Saat Ramadan

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VII siap memenuhi kebutuhan BBM dan LPG masyarakat menjelang bulan Ramadan dan Idul Fitri 1437 Hijriah, yang akan jatuh pada tanggal 5 dan 6 Juli 2016.

Untuk memastikan pendistribusian BBM dan LPG kepada masyarakat berjalan lancar, Pertamina akan memulai tim Satgas Idul Fitri 1437 H sejak  22 Juni 2016.

"Tim satgas bertugas melaporkan stok dan kondisi operasional suplai dan distribusi BBM dan LPG, memantau, mengawasi pelayanan penyaluran BBM dan LPG kepada masyarakat agar berjalan dengan lancar dan wajar," kata Fety, Manager Area Communication & Relations Sulawesi, Rabu (1/6/2016).

 

Untuk memberi ketenangan kepada masyarakat, Tim Satgas juga akan memberi penjelasan kepada masyarakat mengenai ketersediaan BBM dan LPG terutama PSO melalui media massa apabila diperlukan.

Meskipun arus mudik di Sulawesi diprediksi tidak akan setinggi di Pulau Jawa, Pertamina tetap melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi peningkatan konsumsi BBM di Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1437.

Adapun trategi untuk memenuhi kebutuhan BBM dan LPG menjelang dan pasca Idul Fitri 1435 H, diantaranya:

  • Stok build up BBM di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dan stok build up tabung di Agen dan pangkalan LPG, yang akan dilakukan mulai H-15 s/d H+15 untuk menjaga ketahanan stok.
  • Meningkatkan kemampuan supply Premium di SPBU sampai dengan 8 persen di atas konsumsi normal atau sekitar 2.993 kiloliter (kl) per hari, di mana konsumsi normal Sulawesi Selatan adalah 2.770 kl per hari.
  • Menjaga kemampuan pasokan normal Solar di SPBU walaupun tren konsumsi solar akan menurun menjelang Idul Fitri. Konsumsi normal solar Sulawesi adalah 1.194 kl per hari.
  • Menambah jam operasi Terminal BBM dan Terminal LPG, dari 8 jam sampai dengan 16 jam per hari dan maksimal 24 jam per hari.
  • Switching armada mobil tanki dengan mengoptimalkan armada mobil tanki Solar dan armada angkutan Industri.
  • Menyediakan buffer stoCk tabung LPG 3 Kg di SPPBE.
  • Manambah pasokan LPG 3 kg ke masyarakat Sulawesi Selatan dari rata-rata kebutuhan yaiitu sebesar 17.731 metrik ton perbulan menjadi 19.734 Metrik Ton pada bulan Juni 2016 (11% di atas kebutuhan normal) dan 21.088 metrik ton pada bulan Juli 2016 (19 persen di atas kebutuhan normal).
  • Untuk mengantisipasi tidak beroperasinya pangkalan LPG pada hari raya, terdapat 92 SPBU yang menjual LPG dari total 189 SPBU di seluruh Sulawesi.
  • Melakukan kordinasi dengan bank persepsi untuk dapat melayani transaksi B2B Pertamina meskipun pada hari libur.
  • Pertamina menyiapkan Jalur Distribusi Reguler, Alternatif, dan Emergency (RAE). Sudah disiapkan pola jalur distribusi normal yang akan digunakan selama lebaran 2016. Apabila terjadi hal-hal yang menghambat (kemacetan, kecelakaan) Pertamina juga sudah menyiapkan jalur distribusi alternatif dan juga jalur distribusi emergency yang hanya akan digunakan dalam keadaan darurat

Pertamina berkomitmen untuk terus melakukan penyaluran BBM sesuai kebutuhan ril di lapangan terutama untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat pada saat Hari Raya Idul Fitri 1437 H.

Masyarakat dapat menghubungi Pertamina untuk melaporkan maupun menginformasikan kondisi di masyarakat demi kelancaran penyaluran dan pendistribusian BBM melalui Pertamina Contact Center :

Telp: 1500000 (Diawali dengan Kode Area Setempat)
SMS: 08159500000
Facs: 021-29495333

(Ndw/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.