Sukses

Jelang Lebaran, Masjid Istiqlal Bersolek

Masjid Istiqlal akan menggelar salat Idulfitri yang dihadiri Wapres Jusuf Kalla beserta pejabat pemerintah dan duta besar negara sahabat.

Liputan6.com, Jakarta - Sehari menjelang Lebaran Idul Fitri 1436 Hijriah, Masjid Istiqlal, Jakarta, mulai bersolek. Masjid terbesar di Asia Tenggara ini akan menggelar salat Idulfitri yang dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta beberapa pejabat pemerintah dan duta besar negara-negara sahabat.

Humas dan Protokol Masjid Istiqlal‎ Abu Hurairah Abdul Salam‎ mengatakan, pihaknya baru saja selesai menggelar gladi resik dan membersihkan beberapa perangkat masjid agar bisa digunakan untuk solat Idulfitri.

"Tadi sudah siap-siap, karpet di ruang salat utama kita vakum dibersihkan, lantai kita pel semua," kata Abu kepada Liputan6.com di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (16/7/2015).

Untuk pelaksanaan salat Idulfitri, Abu menuturkan, pihaknya akan menunggu terlebih dahulu keputusan Kementerian Agama malam ini. Apakah 1 Syawal 1436 Hijriah jatuh pada 17 Juli ata 18 Juli 2015.

"Kita akan menunggu dulu keputusan Menteri ‎Agama nanti usai sidang isbat malam nanti, kan kita ikut pemerintah lebarannya. Setelah ada keputusan Menteri Agama misal besok lebarannya, ya malam nanti langsung kita persiapkan semua termasuk keamanannya," papar dia.

Meski demikian, Abu menyebutkan, ‎pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mempersiapkan kemanan kendati lebaran belum ditetapkan Pemerintah melalui Menteri Agama.

"(Siang) tadi kami baru saja selesai rapat koordinasi terakhir dengan Kesekretariatan Negara, TNI, Polri dan Pasukan Pengaman ‎Presiden Grup B. Jadi kita semua tunggu keputusan Menteri Agama dulu dalam sidang isbat nanti malam," tandas Abu. (Ali/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini