Sukses

Lomba Dakwah dan MTQ Online Saat Ramadan Jalin Silaturahmi WNI di Yordania

Kegiatan virtual saat Ramadan ini menarik perhatian lebih dari 40 peserta dan ratusan pemirsa yang menyaksikan langsung melalui saluran YouTube KBRI Amman.

Liputan6.com, Jakarta - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Amman mengadakan kegiatan virtual untuk terus menjalankan misi pemberdayaan bagi warga negara Indonesia (WNI) di Yordania pada bulan Ramadan di tengah pandemi Corona Covid-19.

Kegiatan virtual itu dilakukan di tengah krisis pandemi Corona Covid-19 di Yordania. KBRI Amman tetap berperan menjalin silaturahmi dengan WNI di Yordania.

Dilansir Antara, Rabu (20/5/2020), semenjak diberlakukannya penguncian dan karantina wilayah di Yordania, kegiatan selama Ramadan seperti buka puasa bersama dan salat tarawih berjemaah tak lagi dapat dilakukan.

Untuk itu, diperlukan langkah-langkah terobosan dalam mengisi bulan Ramadan di tengah situasi yang penuh dengan keterbatasan.

Salah satu terobosan KBRI Amman adalah menyelenggarakan Lomba Dakwah dan MTQ online bagi para mahasiswa dan pelajar Indonesia di Yordania.

Kegiatan yang diselenggarakan pada 15-18 Mei 2020 selama Ramadan tersebut menarik perhatian lebih dari 40 peserta dan ratusan pemirsa yang menyaksikan secara langsung melalui saluran YouTube KBRI Amman.

"Kegiatan lomba dakwah dan MTQ online bertujuan mendorong semangat para pelajar Indonesia untuk terus mengasah ilmu agama, sehingga Indonesia akan memiliki talenta-talenta baru di bidang dakwah dan tilawah Al-Quran yang merupakan alumnus perguruan tinggi Yordania," kata Duta Besar RI untuk Yordania, Andy Rachmianto.

Dalam lomba dakwah, kata Andy, KBRI Amman mengambil sejumlah topik yang berkaitan dengan kondisi umat Islam di tengah krisis Corona Covid-19.

"Penilaian dewan juri dititikberatkan pada keterampilan berdakwah para peserta dalam menerapkan nilai-nilai Islam moderat pada topik-topik yang dibawakan," terang Andy.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lomba Lainnya

Kemudian, untuk lomba MTQ, difokuskan pada kategori Tartil yang menekankan ketepatan aturan membaca (tajwid), pelafalan huruf (makharijul huruf), kejelasan (fashahah), irama, dan adab.

"Pandemi Covid-19 memberi peluang bagi kita untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi dalam mengisi bulan Ramadhan tahun ini," kata Andy.

Menurut dia, keberhasilan penyelenggaraan Lomba Dakwah dan MTQ online KBRI Amman menunjukkan, masyarakat Indonesia di Yordania sudah semakin terbiasa memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dalam kegiatan-kegiatan keagamaan.

"Penyelenggaraan Lomba Dakwah dan MTQ online dipandang sangat relevan diselenggarakan di Yordania. Selain menjadi alternatif kegiatan Ramadhan KBRI Amman di tengah wabah Covid-19, kegiatan ini juga menjadi sarana pembinaan dan pengembangan pelajar Indonesia dalam mempraktikan ilmunya di bidang studi agama Islam," jelas Andy.

Sebanyak 180 pelajar dan mahasiswa Indonesia saat ini sedang menjalani pendidikan di Yordania yang umumnya mengambil program Ilmu Agama Islam, seperti Fikih dan Syariah, dan bahasa Arab.

Selain penyelenggaraan kegiatan Lomba Dakwah dan MTQ online, KBRI Amman juga bekerja sama dengan Pengurus Cabang Istimewa Nahdatul Ulama (PCINU) dan Pengurus Cabang Istimewa Muhamadiyah (PCIM) untuk menyelenggarakan kegiatan ceramah dan kuliah online selama bulan Ramadhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.