Sukses

Masjid Istiqlal Siapkan 3.000 Porsi Kolak dan Nasi untuk Berbuka

Khusus 10 malam terakhir Ramadan nanti, Masjid Istiqlal juga akan menyediakan 1.000 porsi makanan untuk sahur.

Liputan6.com, Jakarta - Seperti tahun sebelumnya, Masjid Istiqlal siap menyemarakkan Ramadan 1436 Hijriah. Tak tanggung-tanggung sebanyak 3 ribu porsi makanan berbuka puasa disiapkan bagi masyarakat dan jamaah masjid setiap harinya selama Ramadan.

"Itu sudah rutin juga tiap tahun, 2.000-3.000 porsi untuk buka puasa," ujar Imam Besar Masjid Istiqlal, Mustafa Ali Yaqub kepada Liputan6.com di Jakarta, seperti dikutip Rabu (17/6/2015).

Bahkan, kata dia, khusus 10 malam terakhir Ramadan nanti, masjid terbesar se-Asia Tenggara itu juga akan menyediakan 1.000 porsi makanan untuk sahur.  "Untuk 10 malam terakhir 1.000 porsi untuk sahur," ucap dia.

Mustafa menjelaskan, porsi makanan yang disediakan itu terdiri dari makanan ringan dan makanan pokok. "Makanan ringan misalnya kolak, kacang ijo, teh manis, kurma. Ada juga nasi lauk sebagai makanan pokok," jelas Mustafa.

Tarawih Pertama

Sementara itu, Masjid Istiqlal juga sudah bersiap menggelar tarawih pertama Ramadan pada Rabu malam 17 Juni 2015. Lantaran sudah menjadi kegiatan rutin, tak ada persiapan khusus yang dilakukan pengurus masjid.

"Sudah berjalan puluh-puluh tahun tidak ada persiapan khusus. Sudah biasa. Sudah siap semuanya, jadi tidak usah persiapan khusus lagi," tutur Mustafa.

Meski demikian, pihaknya tetap menyiapkan antisipasi terhadap kemungkinan membludaknya jamaah pada hari pertama tarawih. Terutama dari segi keamanan.

"Selama ini sudah diantispasi. Keamanan dari Istiqlal ada 60 orang satpam. Itu bergiliran (jaganya)," pungkas Mustafa.

Sebelumnya, dalam sidang isbat pemerintah memutuskan 1 Ramadan jatuh pada Kamis 18 Juni 2015. Tak ada perbedaan antara pemerintah maupun sejumlah ormas Islam. (Ndy/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini