Sukses

Sidang Isbat Penentu Awal Ramadan Digelar Selasa Sore

Dalam sidang isbat itu, Kementerian Agama akan mengundang para ulama, tokoh ormas, serta pakar astronomi untuk ikut serta.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) bakal menggelar sidang penentuan (isbat) awal Ramadan 1436H/2015M, di Gedung Kementerian Agama Jakarta pada Selasa (16/6/2015).

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, sidang isbat akan digelar pada pukul 16.00 WIB untuk menetapkan awal Ramadan yang nanti ditandai dengan dimulainya salat tarawih‎.

‎"Besok kita sidang isbat, kita undang ulama dan pimpinan ormas Islam dan pakar astronomi untuk musyawarah," kata Lukman di Tenis Indoor, Senayan, Jakarta, Senin (15/6/2015).

Sidang isbat itu sendiri akan diawali dengan pemantauan hilal (rukyatul hilal) pada titik-titik pemantauan yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

Nantinya, kata Lukman, pihaknya akan mengerahkan para ahli di semua provinsi di Indonesia untuk melihat hilal atau kemunculan bulan tanda pergantian bulan, yakni dari bulan Sya'ban ke bulan Ramadan.

Para ahli yang telah disumpah itu nantinya disebar di beberapa titik di seluruh provinsi. Menjelang Magrib, laporan mereka ditunggu, apakah melihat kemunculan hilal atau tidak untuk menentukan awal Ramadan.

"Dari 30 lebih yang kita sebar di beberapa titik itu satu saja yang melihat, besoknya kita tentukan 1 Ramadan. Namun kalau belum ada yang melihat penampakan hilal, maka bulan Sya'ban kita genapkan menjadi 30 hari dan awal Ramadan kita tetapkan lusanya," tandas Lukman Hakim.

Sementara, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah melakukan hisab penentuan awal Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah.

Hasilnya, Muhammadiyah memutuskan awal puasa 1 Ramadan pada Kamis 18 Juni 2015 dan Idul Fitri  1 Syawal atau Hari Raya Lebaran pada Jumat 17 Juli 2015. (Luq/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini