Sukses

1,15 Miliar SMS Diprediksi Lalu Lalang pada Ramadan dan Lebaran

Selama masa Ramadan dan Lebaran tahun ini, Telkomsel memprediksi akan terjadi lonjakan trafik di daerah jalur mudik dan tujuan wisata.

Liputan6.com, Jakarta - Uji jaringan merupakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahunnya oleh para operator telekomunikasi di Indonesia untuk mengantisipasi lonjakan trafik. Telkomsel memprediksi layanan data akan mengalami peningkatan paling tinggi.

"Layanan data kami pastikan akan mengalami peningkatan paling tinggi, mengingat semakin banyak pelanggan yang saat ini menggunakan layanan data untuk aplikasi," kata Direktur Network Telkomsel, Sukardi Silalahi.

Selama masa Ramadan dan Lebaran tahun ini, Telkomsel memprediksi akan terjadi lonjakan trafik di daerah jalur mudik dan tujuan wisata. Trafik layanan SMS diperkirakan naik 10-20 persen mencapai 1,15 miliar SMS, sedangkan trafik layanan data diprediksi melonjak 20-25 persen menembus angka 1,6 juta GB.  

Ilustrasi (prosms.eu)

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik trafik komunikasi yang cukup tinggi, Telkomsel telah melakukan sejumlah persiapan seperti meng-upgrade 806 BTS, memodernisasi 18 BTS, menambah 59 BTS baru dan menyiagakan 62 unit COMBAT (Compact Mobile Base Station) terutama di lokasi padat pengunjung.

Hingga saat ini Telkomsel telah memiliki 9500 BTS yang tersebar di seluruh Indonesia, 50% di antaranya merupakan BTS 3G yang mampu melayani bandwidth internet sebesar 427 Gbps (Giga bit per second).

Di sepanjang jalur utama mudik Sumatera-Jawa-Bali dan beberapa lokasi tujuan mudik, Telkomsel telah menyediakan kelonggaran kapasitas jaringan melalui ketersediaan VLR (Visitor Location Register), seperti 60 persen di Sumatera Selatan, Jawa Barat 46 persen, Jawa Tengah 45 persen, Jawa Timur 43 persen dan Bali 56 persen agar pelanggan dapat berkomunikasi dengan lancar.

"Kami akan fokus melakukan perbaikan kualitas dan kapasitas di titik-titik keramaian mengingat lonjakan layanan di lokasi-lokasi tersebut cukup tinggi," jelas Sukardi.

Kesiapan jaringan untuk mengantisipasi lonjakan layanan data juga dilakukan termasuk pada layanan Telkomsel 4G yang saat ini sudah didukung oleh lebih dari 1000 eNode B (BTS 4G) yang tersebar di Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya dan Medan.

‎Selain network, Telkomsel telah mengidentifikasi sebanyak 781 titik keramaian selama Ramadan dan Lebaran tahun ini. EVP Telkomsel Area Jawa Bali, Yetty Kusumawati menjelaskan Telkomsel akan membuka posko mudik, layanan siaga, dealer siaga serta posko center.

Telkomsel juga akan menghadirkan beberapa program promo seperti Device Bundling edisi Ramadan, Mudik Bareng dan undian HUT 20 tahun Telkomsel dengan beragam hadiah menarik salah satunya hadiah Umroh.

(dew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini