Sukses

Jelang Ramadan, Penjual Bunga Tabur di Makassar Banjir Rezeki

Liputan6.com, Makassar - Hampir seluruh tempat pemakaman umum (TPU) yang berada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, mulai dipadati para peziarah. Tradisi ini dilakukan memasuki bulan suci ramadan.

Daeng Ali, Penjaga Taman Pemakaman Umum (‎TPU) Sudiang Makassar yang terletak di Jalan Sudiang Raya, mengatakan, peziarah untuk hari ini lumayan padat. Kepadatan akan bertambah pada keesokan harinya.

"Dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, para peziarah itu membludak pada H-4 memasuki bulan suci Ramadan. Di situ hampir semua kuburan termasuk disini peziarahnya banjir," kata Daeng Ali kepada Liputan6.com, seperti dikutip Minggu (14/6/2015).

Salah satu penjual bunga yang juga sudah puluhan tahun menjual bunga di TPU Sudiang Makassar, Lia juga mengakui hal yang sama. Dari pengalamannya, peziarah akan memadati TPU di H-4 hingga H-1 memasuki bulan Ramadan.

"Waktu-waktu itu yang padat peziarah, kita juga terkadang kewalahan permintaan bunga karena banyak peziarah," terang Lia.

Ibu yang memiliki 3 orang anak ini kebanjiran rejeki jelang memasuki Ramadan dari hasil penjualan bunga di TPU tempatnya berjualan yakni di TPU Sudiang Makassar.

"Sekali habis bunganya itu kami dapat Alhamdulillah 300 ribuan dan kalau puncaknya itu kita kadang dapat lebih malah yakni hingga 600 ribu," kata Lia.

Lia mengatakan, ada pula peziarah dari luar kota seperti Kabupaten Gowa, Maros, dan Bone yang mendatangi TPU Sudiang Makassar.

"Rata-rata peziarah dari luar kota juga. Mereka mengunjungi kuburan keluarganya di sini sebelum memasuki bulan Ramadan demikian juga nanti ketika Lebaran tiba peziarah banjir di sini," tandas Lia. (Mvi/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.