Sukses

Pemakaman di Bogor Kebanjiran Peziarah

Ramainya peziarah yang mendatangi pemakaman, membawa berkah bagi tukang sapu atau tukang pembersih makam.

Liputan6.com, Bogor - Menjelang bulan suci Ramadan, umat Muslim di Bogor beramai-ramai menggelar tradisi ziarah kubur. Salah satunya ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Blender, Kelurahan Kebonpedes, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat.

Pantauan di lapangan pada Minggu (14/6/2015), sejak pukul 08.00 WIB, ratusan peziarah berbondong-bondong mendatangi makam sanak keluarganya yang meninggal di TPU Blender.

Firman (52), warga Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor mengatakan, dia berziarah tidak hanya pada hari raya saja. Sebelum Ramadan pun, dia selalu ziarah bersama keluarganya.

"Kegiatan ziarah ini rutin saya lakukan bersama keluarga baik saat Idul Adha maupun Idul Fitri, bahkan sebelum puasa seperti saat ini saya berziarah. Kurang afdol sepertinya kalau belum ziarah kubur bapak dan ibu saya" kata Firman.

Ziarah kubur warga Bogor sebelum masuk bulan Ramadan (Liputan6.com/ Bima Firmansyah)

Ramainya peziarah yang datang ke TPU, membawa berkah bagi tukang sapu atau tukang pembersih makam. Endang (45), tukang pembersih makam mengaku, kebanjiran rejeki jelang bulan puasa ini.

"Alhamdulillah, sebelum puasa dan hari-hari besar Islam memang ditunggu, untuk bersih-bersih makam dapat rezeki yang lebih dibanding hari-hari biasa," kata Endang, ketika ditemui di TPU Blender. (Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini