Sukses

Kapolri: Sweeping di Bulan Ramadan, Kami Tindak

Sementara Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian mengaku telah mengantongi strategi menghadapi sweeping ormas yang kadang meresahkan.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti mengaku tidak akan segan-segan menindak individu, kelompok atau ormas yang melakukan sweeping di [Bulan Ramadan](2250091 ""). Apalagi aksi sweeping dengan 'dibumbui' kekerasan.

"Tidak ada yang membenarkan sweeping, siapa saja yang melakukan sweeping tentu akan kami tindak," kata Badrodin di Mabes Polri.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian menyatakan sudah mengantongi strategi untuk menghadapi aksi ormas yang kadang meresahkan masyarakat. Tak jarang terdapat oknum-oknum yang mengatasnamakan ormas tertentu untuk membuat kerusuhan.

Tito menegaskan, pihaknya juga tak akan segan-segan untuk menindak kelompok atau ormas yang meresahkan. Terlebih pihaknya sebelumnya sudah melakukan pendekatan secara persuasif.

"Itu selalu dalam menghadapi ormas itu selalu kita menghadapi ada dua, satu adalah kita melihat aspek legalitasnya, kemudian aspek sosialnya. Strateginya juga ada dua, soft, persuasif, kalau cara-cara persuasif tidak bisa dilakukan, kita akan lakukan cara-cara penegakan hukum yang terukur," ujar dia.

Terakhir, dia juga menjamin jajarannya akan memberikan rasa aman kepada masyarakat lewat Operasi Ketupat. Baik saat arus mudik yang berangkat dari terminal-terminal, pelabuhan, dan bandara.

"Juga kita lakukan pengamanan pada saat Lebaran, biasanya tempat hiburan penuh seperti TMII, Ancol, Ragunan kita akan buat pola pengamanan sendiri, dan juga rumah-rumah yang ditinggalkan, kita akan tingkatkan," pungkas Tito. (Ndy/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini