Sukses

Jelang Lebaran, KAI Daop VI Jogya Rampungkan 8 Lokomotif

Di area Jawa, sudah ada 219 lokomotif siap operasional dengan 6 lokomotif cadangan.

Liputan6.com, Yogyakarta - PT KAI (Persero) Daerah Operasi (Daop) VI Yogyakarta melalui Balai Yasa tengah menyiapkan sarana angkutan menghadapi Lebaran 2014. Saat ini Balai Yasa Yogyakarta tengah memperbaiki delapan lokomotif.

Kepala Balai Yasa Yogyakarta PT KAI Daop VI Muh Syaiful Alam mengatakan, pihaknya tengah memperbaiki 8 lokomotif untuk menghadapi Lebaran. Kedelapan lokomotif itu akan rampung dan dioperasikan mulai 18 Juli 2014 mendatang.

"Hari ini ada 3 lokomotif yang akan selesai diperbaiki," ujar Syaiful di Balai Yasa Yogyakarta, Selasa (15/7/2014).

Selain itu, bengkel seluas 12 Hektare ini juga sedang menyelesaikan perbaikan 6 kereta pembangkit dan juga 4 kereta rel. " 8 Lokomotif harus selesai sebelum Tanggal 18 untuk angkut barang," ujarnya.

Sementara untuk angkutan lebaran Daop VI, saat ini sudah menyiapkan 49 lokomotif dan 19 genset. Di area Jawa, sudah ada 219 lokomotif siap operasional dengan 6 lokomotif cadangan.

"49 Lokomotif untuk persiapan lebaran dan 19 genset. Selain itu ada 219 lokomotif siap operasional di Jawa dengan cadangan 6 lokomotif," ujar Syaiful.

Syaiful juga sudah menempatkan personelnya di berbagai depo untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan gangguan teknis saat laju Lebaran 2014 tinggi. 3 teknisi ditempatkan pada  masing-masing depo.

"Di depo Purwokerto, Semarang Surabaya, Solo, dan lain-lain, petugas disiapkan mulai 19 Juli sampai 5 Agustus. Jadi mereka lebaran di depo. Kami stand by selama 24 jam," pungkas pemimpin bengkel yang diresmikan tahun 1915 itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.