Sukses

Pasar Murah di Sambas Sediakan Puluhan Ton Telur Jelang Lebaran

Jenis barang yang dijual sesuai kebutuhan masyarakat, dan harganya tentu lebih murah dari harga pasar umumnya, selisih sekitar Rp 5 ribu hin

Liputan6.com, Sambas - Dua pekan lagi hari Raya Idul Fitri tiba. Pemerintah Kabupaten  Sambas, Kalimantan Barat melalui Dinas Koperasi, UMKM, Industri dan Perdagangan (Diskumindag) Kabupaten Sambas akan menggelar pasar murah. Pasar ini akan menyediakan 30 ton telur dan keperluan bahan pokok lainnya, untuk masyarakat.

Menurut Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kabupaten Sambas H Uray Tajudin, pasar murah atas kerja sama dengan pihak swasta ini akan dilaksanakan 13 Juli 2014 di Kecamatan Pemangkat dan Kecamatan Tebas, 14 Juli di Kecamatan Teluk Keramat dan 15 Juli di Kecamatan Sambas.

"Khusus Kecamatan Sambas, pasar murah akan dipusatkan di 2 titik, dan untuk tempat masih disesuaikan," kata Uray di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Minggu (13/7/2014).

Uray menjelaskan, pasar murah ini ditujukan kepada masyarakat Kabupaten Sambas yang akan menyambut Hari Raya Idul Fitri. Jenis barang yang dijual sesuai kebutuhan masyarakat, dan harganya tentu lebih murah dari harga pasar umumnya, selisih sekitar Rp 5 ribu hingga Rp 6 ribu.

"Untuk pasar murah, Pemkab Sambas bekerja sama dengan agen. Tidak ada subsidi dari pemerintah, dan harganya lebih murah dari harga pasar," jelasnya.

Kendati, Uray mengatakan, kenaikan harga telur di setiap daerah saat ini memiliki perbedaan. Seperti di daerah Tebas berkisar Rp 25 ribu per kilogram, di Kota Sambas Rp 26-27 ribu per kilogramnya.

"30 Ton telur atau sebanyak 459 biji telur meningkat, dari tahun lalu yang hanya mencapai 20 ton telur saja, dan harapan kita tahun depan akan lebih meningkat lagi," jelasnya.

Selain telur, kata Uray, pada pasar murah tersebut juga disediakan gula pasir, gula halus, mentega, tepung terigu, kacang tanah, minyak goreng, susu kaleng, beras, kacang tanah kupas, sirup,  dan berbagai jenis sembako lainnya.

"Untuk lokasi pasar murah masih diatur panitia, biasanya di tempat strategis. Namun diupayakan tidak mengganggu pedagang yang berjualan," ucapnya.

Uray berharap, dipasoknya 30 ton telur ayam melalui pasar murah ini dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat. Tentunya bagi ibu rumah tangga yang akan membuat kue lebaran menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Semoga pasar murah ini bisa membantu masyarakat untuk mengantisipasi kenaikan harga Sembilan Bahan Pokok (Sembako) jelang Hari Raya Idul Fitri ini. Juga diimbau kepada para pedagang tidak menaikan harga barang, serta tidak menimbun sembako," pungas Uray. (Mut)

Baca juga:

Mendag Jadikan Pasar Murah untuk Stabilkan Harga

Harga Cabai Lebaran Ini Paling Mahal Rp 30 Ribu per Kg

Pasar Senen Jual Daging Sapi Paling Murah se-Jakarta?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini