Sukses

Pilihan Kuliner Jepang Sarat Gizi untuk Buka Puasa

Kaya gizi dan cita rasa yang ringan menjadi keunggulan kuliner Jepang. Sehingga aman untuk lambung yang seharian tidak terisi makanan.

Liputan6.com, Jakarta - Anda sedang menyiapkan menu untuk berbuka puasa? Kuliner jepang yang kaya gizi bisa menjadi pilihan. Karena dapat memasok kembali energi tubuh yang selama sehari tidak mendapat asupan makanan dan minuman.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (30/6/2014), menu pertama yakni salad soba. Mie Jepang ini terbuat dari tepung gandum kuda yang dipadukan dengan selada serta bumbu-bumbu. Seperti soyu, minyak wijen, garam, merica dan andaliman. Kemudian ditaburi dengan daun bawang dan wijen.

Menu berikutnya yakni temari sushi. Gunakan daging ikan salmon, maguro atau tuna dan udang sebagai pembungkus bulatan nasi.

Selanjutnya mengolah sukiyaki untuk menghangatkan perut. Langkah pertama, buat dashi atau kaldu terlebih dahulu. Kemudian rebus rumput laut kombu dan campurkan dengan bubuk dashi.

Untuk isinya, bisa menggunakan kerang dan bonito. Atau bisa juga tongkol, tahu, jamur sitake, batang daun bawang, ito konyaku atau mie dari umbi umbian dan wortel. Tambahkan juga gula pasir dan kecap asin untuk menguatkan rasa.

Tunggu hingga mendidih. Terakhir, masukkan irisan daging sapi.

Juru masak Kedubes Jepang Masaharu Tada mengatakan, bagi umat muslim sebaiknya menghindari pemakaian sake dan mirin. Karena mengandung bahan yang tidak bisa dikonsumsi oleh umat muslim.

Masaharu juga menambahkan, untuk berbuka puasa sebaiknya menggunakan makanan yang terbuat dari sayuran atau olahan tahu seperti salad soba dan tidak memakai minyak.

Kaya gizi dan cita rasa yang ringan menjadi keunggulan kuliner Jepang. Sehingga aman untuk lambung yang seharian tidak terisi makanan. Selamat mencoba. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini