Tinggal di Bekasi Wajib Tahu Tempat-tempat Penting ini!

Oleh Wahyu Ardiyanto pada 30 Jul 2019, 13:56 WIB
Tinggal di Bekasi Wajib Tahu Tempat-tempat Penting ini!

Liputan6.com, Jakarta Jika dulu kawasan ini kerap dicaci maka kini tidak lagi. Ya, Bekasi kini bukan Bekasi yang dulu lagi. Banyaknya pembangunan infrastruktur sehingga akses dan transportasi ke kawasan ini makin mudah, plus semakin banyaknya fasilitas bergengsi, membuat kawasan penyangga ibu kota ini semakin diminati.

Tingginya minat para pencari properti terhadap kawasan ini terungkap dari hasil survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index, yang menunjukkan bahwa para pencari hunian, khususnya kaum urban, lebih menyukai Jawa Barat, terutama Bekasi.

Tertarik punya hunian di kawasan ini? Temukan aneka pilihan huniannya di sini! Tapi sebelum beli rumah dan tinggal di kawasan ini, ada baiknya jika menyimak daftar tempat-tempat penting di Bekasi yang wajib diketahui berikut ini:

2 of 5

1. Stasiun Bekasi

Stasiun Bekasi
Stasiun ini juga menjadi salah satu stasiun tersibuk karena dilintasi KA dari Jakarta dengan berbagai tujuan di Jawa.

Stasiun Bekasi (BKS) adalah stasiun kereta api besar yang terletak di Jl. H. Juanda, Kota Bekasi. Sebagai stasiun lintas komuter Jabodetabek, stasiun ini setiap harinya jadi tumpuan ribuan penumpang komuter dengan tujuan Jakarta seperti ke Stasiun Jakarta Kota melalui Stasiun Manggarai PP, maupun ke arah timur (Cikampek sampai Purwakarta).

Dan sebagai stasiun yang terletak di jalur utama KA Jawa antara JakartaSurabaya, stasiun ini juga menjadi salah satu stasiun tersibuk karena dilintasi KA dari Jakarta dengan berbagai tujuan di Jawa.

Selain melayani kedatangan penumpang KA jarak jauh dari Jawa Timur, stasiun ini juga melayani beberapa kereta api jarak menengah seperti KA Argo Parahyangan rute BandungJakarta PP (untuk jadwal perjalanan tertentu), KA Cirebon Ekspres rute Cirebon-JakartaPP, dan KA Tegal Bahari rute Tegal-Jakarta PP.

Saat ini juga sedang ada pembangunan jalur ganda berganda doubled double tracks/DDT atau quadruple tracks/QT pada ruas Manggarai-Cikarang sehingga membuat rel di jalur ini akan bertambah menjadi empat jalur utama supaya operasional KA tidak saling terganggu satu sama lain.

Dan mulai 19 Juni 2018 dilakukan perpanjangan rute terhadap beberapa jadwal KA Bandara Soekarno-Hatta hingga stasiun ini, terutama di luar jam sibuk. Pembelian tiket bisa melalui vending machine yang berada di pintu selatan stasiun dan juga bisa melalui aplikasi Railink.

Selain itu ada juga Stasiun Bekasi Timur (BKST) yang dikenal juga dengan sebutan Stasiun Ampera atau Stasiun Bulak Kapal. Stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Duren Jaya, Bekasi Timur ini hanya melayani rute KRL Commuter Line.

3 of 5

2. Rumah Sakit Hermina Bekasi

Rumah Sakit Hermina Bekasi
Rumah sakit ini menjadi tujuan utama masyarakat sekitar yang membutuhkan layanan khusus, seperti Obgyn, Pusat Fertilitas IVF, dan Tumbuh Kembang Anak.

Untuk urusan kesehatan, salah satu fasilitas kesehatan di kawasan ini yang banyak dikunjungi orang adalah Rumah Sakit Hermina Bekasi. Rumah sakit yang dibangun pada tahun 1997 ini terletak di tengah area Margajaya, Bekasi.

Rumah sakit ini menjadi tujuan utama masyarakat sekitar yang membutuhkan layanan khusus, seperti Obgyn, Pusat Fertilitas IVF, dan Tumbuh Kembang Anak, yang menjadi layanan unggulannya.

Rumah sakit Hermina memiliki 250 tempat tidur yang didukung dengan fasilitas:

  • Cathlab (Katerisasi Jantung & Angiografi)
  • MRI 1,3 tesla
  • CT Scan
  • Echocardiografi
  • EEG (Elektroensefalografi)
  • Hemodialisa
  • Kemoteraphi
  • Gigi Spesialistik
  • KTK (Klinik Tumbuh Kembang)
  • PICU (Pediatric Intensive Care Unit)
  • ICU/NICU (Intensive Care Unit/Neonatal Intensive Care Unit)
  • HCU
  • Bobath
  • Thalassemia
  • Bayi Tabung & Klinik Edelweiss
  • Audiometri
  • Klinik Nyeri
  • Gymnasium
  • Perina
4 of 5

3. Samsat Bekasi

Samsat Bekasi
Seiring perkembangan teknologi, kini masyarakat dapat menggunakan layanan Samsat Online.

Bagi para wajib pajak yang berdomisili di kawasan ini tentu wajib tahu bahwa kantor layanan Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) Kota Bekasi yang tadinya di Jalan Ahmad Yani kini berada di area Bulakkapal.

Namun kini untuk pengurusan perpanjangan STNK warga tidak lagi harus repot-repot karena pelayanan pembayaran pajak STNK dapat dilakukan melalui transaksi elektronik. Jadi tidak perlu lagi harus mengorbankan waktu mendatangi kantor Samsat Bekasi hingga mengantri berjam-jam.

Temukan beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com

Bahkan pemerintah terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui inovasi baru dari Badan Pendapatan Daerah (bapenda), yang menerima pembayaran STNK secara online melalui ATM, namun program ini masih terbatas pada beberapa provinsi.

Ya, seiring perkembangan teknologi, kini masyarakat dapat menggunakan layanan Samsat Online. Samsat online menyediakan beberapa layanan pembayaran pajak kendaraan, antara lain:

  1. Kendaraan bermotor keadaan pengesahaan STNK 1 Tahun.
  2. Kendaraan bermotor keadaan tidak ganti STNK.
  3. Kendaraan bermotor keadaan disertai dengan BPKB, KTP pemilik asli dan STNK.
  4. Kendaraan bermotor keadaan tak terlambat lebih dari 1 Tahun.
  5. Kendaraan bermotor tidak berkeadaan hilang atau rusak, lapor jual, laka dan kriminal.
5 of 5

4. Imigrasi Bekasi

Imigrasi Bekasi
Pelayanan imigrasi untuk WNI dilakukan di lantai 1, sedang lantai 2 digunakan untuk pelayanan imigrasi WNA.

Ini juga salah satu tempat penting di kawasan ini. Untuk keperluan pengurusan paspor atau dokumen perjalanan yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Anda yang tinggal di kawasan ini bisa mengurusnya di kantor imigrasi Bekasi di Jalan Perjuangan, Bekasi Utara.

Sebelumnya kantor imigrasi ini berada di Kompleks GOR Bekasi. Kantor imigrasi Bekasi yang baru ini merupakan gedung 6 lantai yang dilengkapi masjid dan lahan parkir hingga basement yang cukup luas. Pelayanan imigrasi untuk WNI dilakukan di lantai 1, sedang lantai 2 digunakan untuk pelayanan imigrasi WNA dengan tata letak yang lebih luas dan rapi.

Adapun fasilitas yang tersedia di kantor imigrasi Bekasi ini seperti:

  • Terdapat 4 loket pelayanan izin tinggal
  • Terdapat 2 booth foto dan biometrik
  • Lounge VIP
  • Toilet khusus disabilitas
  • Ruang bermain anak
  • Ruangan menyusui

Itulah daftar tempat-tempat penting di Bekasi yang wajib diketahui. Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Lanjutkan Membaca ↓